Subscribe in a reader Seputar Dapodik dan Umum

Cara Mudah Cek Profil PNS BKN, Cek NIP dan Pangkat di Website BKN


Bagi seorang pegawai negeri tentunya kesesuaian dan kebenaran dari profil PNS BKN sangatlah penting. Nomor induk pegawai atau yang lebih sering dikenal sebagai NIP memang memiliki peran yang penting bagi seorang pegawai negeri sipil atau yang sering disebut sebagai PNS. Oleh karena itu, kesesuaian data yang digunakan dalam NIP seorang PNS haruslah sudah sesuai dengan yang ada di akta. Itulah mengapa pada saat pendaftaran, fotocopy dari akta harus dilampirkan atau paling tidak ijazah terakhir dari pegawai yang bersangkutan. Apabila data yang tertera dalam nomor induk salah maka sudah tentu akan berpengaruh pada sah atau tidaknya nomor induk yang sudah menjadi identitas dari pegawai yang bersangkutan.

Bagaimana Cara Mengecek Keabsahan Data Pada Profil PNS BKN?

Meski pada saat pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau yang kini lebih dikenal sebagai Aparatur Sipil Negara atau disingkat APN, baik akta maupun ijazah terakhir namun bukan tidak mungkin jika terdapat sedikit kekeliruan. Hal ini tentu dikarenakan oleh banyak faktor, baik itu karena faktor teknis maupun dari faktor sumber daya manusianya. Sebagai seorang calon pegawai apabila nantinya sudah resmi diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengecek kevalidan data profil PNS BKN yang diberikan. Selain dapat langsung dikoreksi dan dapat ditangani secara cepat, Anda juga tidak akan kesulitan saat memerlukan data NIP yang benar.

Sebenarnya cara untuk mengecek keabsahan data yang terdapat dalam profil PNS BKN cukup mudah. Namun, karena masih kurangnya informasi mengenai cara pengecekan tersebut membuat banyak aparatur negara khususnya yang berada di daerah terpencil kebingungan. Cara pengecekan semua data pada profil pegawai yang tertera di Badan Kepegawaian Negara sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Sayangnya, untuk bisa melakukan pengecekan profil di perlukan jaringan internet aktif dimana tidak semua daerah memiliki jaringan internet. Tidak hanya itu, para pegawai yang sudah lanjut usia bahkan tidak paham mengenai bagaimana cara kerja dari aplikasi yang diberikan.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin melakukan pengecekan terhadap profil PNS BKN:


1.     Pastikan jaringan internet Anda aktif, Anda bisa menggunakan browser melalui PC atau personal computer atau komputer. Namun, Anda juga bisa menggunakan hand phone pribadi Anda selama semua media yang digunakan tersambung ke internet.
2. Setelah Anda membuka browser, masukkan https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/ pada pencarian di jendela browser. Lalu akan muncul :

-  Masukkan NIP Baru Hasil Conversi
-  Klik Next .....
-  Masukkan Kode Capcha Lalu Ok... atau enter... 



 Maka Akan Muncul :

3.     Jika versi web tidak berfungsi Anda dapat menginstall aplikasi resmi dari BKN My SAPK di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.nudi.bkn.sapk

Download Alternative

4.     Saat Anda sudah masuk dalam halaman website BKN, maka akan muncul tulisan “monRI Badan Kepegawaian” atau “e-monitoring Mandiri Badan Kepegawaian”, Anda bisa memasukkan NIP yang dimiliki di kolom pencarian kemudian klik cari.
Gambar Screenshot Gambar Screenshot Gambar Screenshot

Setelah data pegawai sudah keluar, silakan Anda cek secara teliti masing-masing poin yang diberikan khususnya pada bagian menu “Data Utama” seperti dari nama, tempat tanggal lahir, pangkat dan golongan. Tidak hanya itu, Anda juga harus mengecek NIP lama yang digunakan serta kesesuaian NIP baru dengan data Anda khususnya dengan tahun dan tanggal lahir serta kapan TMT CPNS. Keduanya, baik itu tahun, tanggal lahir dan kapan Anda diangkat menjadi pegawai merupakan bagian dari NIP atau nomor induk pegawai.

Di halaman website tersebut, Anda tidak hanya bisa mengecek keabsahan data yang diperlukan dalam profil yang ada di “Data Utama”, Anda juga bisa mengecek “Proses KP” dan juga “Proses Pensiun”. Dengan adanya banyaknya informasi yang bisa diperoleh tentunya akan sangat penting bagi setiap aparatur sipil negara dimana pun dia berada. Oleh karena itu, akan sangat baik jika semua pegawai mengetahui bagaimana cara mengecek data pegawai atau profil PNS yang bersangkutan di website resmi yang sudah disediakan.

Hal lain yang juga tidak boleh diabaikan adalah apabila terdapat kesalahan pada “Data Utama” dari profil PNS BKN, maka Anda bisa langsung memperbaiki kesalahan tersebut. Yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghubungi Biro Kepegawaian atau BKD di instansi dimana pegawai tersebut bernaung. Jangan lupa untuk membawa semua data yang otentik karena akan sangat diperlukan.











sumber : https://www.pnsdanguru.info/2017/09/profil-pns-bkn-cara-cek-nip-dan-pangkat.html
dengan sedikit perubahan


Aplikasi Pemetaan PMP 2018.07

Rilis Pembaruan Aplikasi Pemetaan PMP 2018.07


Hasil gambar untuk PMP 
Yth. Bapak/Ibu
  1. Kepala LPMP
  2. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
  3. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  4. Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, SMK, dan
  5. Pengawas
di seluruh Indonesia

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Dengan hormat,
Seiring dengan perkembangan kebutuhan pemanfaatan data Dapodik dan PMP juga menindaklanjuti laporan ditemukannya beberapa masalah teknis pada Aplikasi Pemetaan PMP versi 2018.05, serta dalam rangka terus meningkatkan kualitas data mutu pendidikan maka senantiasa dilakukan perbaikan dan penyempurnaan Aplikasi Pemetaan PMP. Oleh sebab itu, kami telah merilis pembaruan (Updater) Aplikasi Pemetaan PMP versi 2018.07 pada tanggal 31 Juli 2018 yang dapat diunduh melalui linkdi bawah ini.
Daftar Pembaruan Versi 2018.07 adalah sebagai berikut :
  1. [Pembaruan] Penyesuaian untuk Sekolah Pendidikan Kerjasama (SPK)
  2. [Pembaruan] Menu rapor mutu sekolah
  3. [Pembaruan] Menu upload file rapor mutu sekolah dari website PMP (pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id)
  4. [Pembaruan] Tampilan validasi jawaban sekolah pada kuesioner kepala sekolah
  5. [Pembaruan] Pakta Integritas sebelum konfirmasi penyelesaian pengisian kuesioner
  6. [Perbaikan] Perbaikan validasi jawaban sekolah pada tampilan kuesioner pengawas
  7. [Perbaikan] Perbaikan fungsi restore data 

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Updater PMP versi 2018.07:
  1. Saat ini hanya disediakan Updater PMP versi 2018.07.
  2. Lakukan Backup Data PMP sebelum menginstall Updater PMP versi 2018.07, jika sebelumnya anda telah melakukan pengisian kuisioner PMP.
  3. Bagi sekolah yang belum pernah menginstal PMP sama sekali, berikut ini langkah-langkahnya:
    a. Install Aplikasi PMP menggunakan Installer versi 2018.05
    b. Buka Aplikasi PMP versi 2018.05 dan Login sekolah dengan username password Dapodik. Pastikan anda berhasil login ke Aplikasi Pemetaan PMP.
    c. Lakukan Instalasi Updater PMP versi 2018.07
  4. Jika tidak terdapat masalah data PMP sekolah Anda setelah proses instalasi updater selesai, maka Anda tidak perlu melakukan restore data.
  5. Dalam Kirim Data PMP terdapat fasilitas Cek Koneksi Internet. Jika anda tidak dapat melakukan pengiriman sedangkan anda dalam kondisi ONLINE (terkoneksi dengan internet), berarti server dalam keadaan sibuk. Anda dapat mencoba mengirim dalam beberapa waktu kemudian.

Permbaharuan dan Perbaikan Website PMP :
  1. Saat ini sedang dilakukan pembaharuan dan perbaikan website PMP dalam rangka peningkatan layanan kepada stakeholder PMP.
  2. Terdapat tambahan beberapa fitur untuk mengecek status kirim data PMP beserta penjelasannya dan jumlah responden yang telah masuk.
  3. Disarankan melakukan proses pengiriman tidak berulang kali karena hanya akan memperberat kinerja server. Status kirim data Anda akan terupdate dalam waktu 3-5 hari kerja tergantung proses yang berangsung di server.

Berikut Link Unduhan Updater PMP versi 2018.07
Demikian informasi yang kami sampaikan dan atas perhatian serta kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam Satu Data!
Untuk Download Aplikasi Klik Disini





LAUNCHING APLIKASI RKAS

APA ITU RKAS ?
Berdasarkan Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan, termasuk SMP, harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).
RKAS adalah dokumen yang berisi rencana program pengembangan sekolah satu tahun ke depan yang disusun berdasarkan RKS untuk mengatasi kesenjangan yang ada antara kenyataan dengan yang diharapkan menuju terpenuhinya SNP.


PENDAHULUAN
Manajemen keuangan merupakan salah satu substansi manajamen sekolah yang akan turut menentukan berjalannya  kegiatan  pendidikan  di  sekolah. Sebagaimana yang terjadi di substansi manajemen pendidikan pada umumnya, kegiatan manajemen keuangan dilakukan melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian.

Manajemen keuangan dapat pula diartikan sebagai tindakan pengurusan / ketatausahaan keuangan yang meliputi pencatatan , perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan. Sebagaisuatu lembaga pendidikan perlu ditingkatkan dan disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan pembangunan disegalabidang baik segi sarana dan prasarana Pendidikan, fasilitas kerja maupun kesejahteraan yang layak bagi seluruh tenaga Pendidik. Untukmemenuhi sasaran tersebut sangat diperlukan biaya yang cukup dan administrasi yang tertib. Salahsatu pendanaan yang diberikan pihak pemerintah kepada sekolah yaitu dengan adanya dana Bantuan Operasioanl Sekolahatau lebih kitakenal dengan danaBOS.


Perencanaan program BOS meliputi dua kegiatan utamayang dilakukan oleh kepala sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah yaitumengidentifikasi kebutuhan sekolahdan menyusun RencanaAnggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS). Dalam mengidentifikasi kebutuhan sekolah, kepala sekolah dan Tim Manajemen BOS sekolah perlumenentukan kondisi sekolahsaat ini. Salah satunya dengan melakukan evaluasidiri. Dengan melakukanevaluasi diri akan menunjukkan kinerja sekolah misalnya, bagian yang mengalami perbaikan atau peningkatan, bagianyang tetap, danbagian yang mengalami penurunan. Hal ini penting dilakukan karena dana BOS merupakan sumber utama bagi sekolah untuk memenuhi biaya penyelenggaraan sekolah, dan kebijakan pemerintah mengharuskan BOS menjadi saranapenting untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan dasar yang bermutu. Setelah mengidentifikasi kebutuhan sekolahsesuai hasil evaluasidiri yang dilakukanoleh sekolah, maka kepala sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah dapat menyusun Rencana Anggaran Pendapatan dan BelanjaSekolah (RAPBS) berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah. Dalam penyusunan RAPBS, kepala sekolah dan Tim Manajemen BOS sekolah harus memperhatikan ketentuan-ketentuan dari masing-masing sumber dana.Sangat dimungkinkan suatu program dibiayai dengan subsidi silang dariberbagai pos atausumber dana. Program-program yang memerlukan bantuan dari pusat harus dialokasikan sumber dana dari pusat dengan sharing dari sekolahdan komite sekolahatau bahkan daerah. Misalnya untuk pembangunan ruang komputer, laboratorium baru, gedung perpustakaan, dan sebagainya. Sedangkan yang berupa program rehab besar dana lebihdiprioritaskan dari provinsi. Untuk program yanglebih operasional bisa dari dana blockgrant ataulainnya yang bersifatlebih luwes. Mengingat begitu pentingnya dalam melakukan manajemen keuangan sekolahterutama dana BOS dari pemerintah, maka diperlukan suatu sistem yang mampu melakukan pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan, Sistem tersebut adalahRKAS.






RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) merupakan sebuah sistem informasi yang dibuat untukmenangani masalah manajemen keuangan sekolah mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian. Dengan sistem yang terdistribusi diharapkan berbagai pihak yang terlibat mampu berkoordinasi dengan baik. Capaianoutput terakhir yang diberikansistem informasi ini adalah pelaporan, dimana setiapreport yang dihasilkan sudah disesuaikan dengan format yang dikeluarkan  pemerintah.




INSTALASI
Pada tahapan instalasi ini merupakan tahapanawal untuk memasangaplikasi RKAS pada komputer kita. Langkah yang pertama kita lakukan adalah mendownload aplikasinya di alamat : http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id,


Karena disini kita akanmembahas aplikasi RKAS untuk pihaksekolah makan kita klik download. Setelah di download, buka  explorerkemudian cari file  software RKAS sesuai dengan alamat direktori ketika download. Setelah ditemukan kemudian lakukan prosesinstall dengan cara :

-          double mengklik file Setup-RKAS.exe.

-          Klik Yes untuk melanjutkan proses instalasi.



-          Ceklis createa desktop shortcut (jika diperlukan), kemudianklik next.



-          Klik Install.


-          Tunggu hingga prosesinstalasi selesai.


Klik Finish, Sampaipada bagian ini sebenarnya prosesinstalasi sudah selesai. Berikutnya secaraotomatis aplikasi RKASakan terbuka.



Tunggu hingga splashscreen hilang dan masuk k aplikasi RKAS.Ketika sudah masuk ke dalam aplikasi, untuk pertama kali kita akan diminta melakukan konfigurasi. Pada form konfigurasi untuk Kode Registrasi anda dapat memintanya pada dinas pendidikan.




Form Registrasi akan muncul ketika pertamakali aplikasi diinstall, tujuannya adalah untuk mengaktifkan / mendaftarkan sekolahkita kedalam sistem.Pada tahapan ini diwajibkan terkoneksi denganinternet, karena dataregistrasi ini akan di cocokkandengan data di dinas pendidikan. Berikut penjelasan masing- masing kolom inputan:


a.      Kode Registrasi (wajib diisi): kolom ini diisi dengan kode registrasi sekolah kita yang sudahdiajukan ke dinaspendidikan. Kode inisetiap sekolah berbeda-beda. Untuk itu mintalah kode registrasi ke dinas pendidikan kabupaten.
b.      Nama (wajib diisi): kolom ini diisioleh nama operatorsekolah


c.       Email (wajib diisi): kolom emailini wajib diisikarena alamat email ini akan digunakan untuk login kedalam aplikasi. Alamat email ini tidak boleh sama satu denganyang lainnya.
d.      NoHandphone : kolomini diisi dengannomor hendphone operatoratau boleh dengan nomor telepon sekolah.
e.      Password (wajibdiisi) : kolom ini harap diisisebaik mungkin karenaakan digunakan ketika login.Password harus kombinasi angka, huruf kecil, kapital supaya tidak mudahdiketahui.
f.        Ulangi Password (wajib diisi): kolom ini untuk memastikan bahwa password kita sudah benar.
g.      Indikator terhubung ke server atautidak. (wajib terhubung internet).

a.      Tombol Registrasi : tombol ini digunakanuntuk mengirim data ke dinas pendidikan. Tombol ini akan aktif jika terhubung denganinternet, dan akan disablejika tidak terhubung dengan internet.


Hasilnya seperti gambar dibawah ini:


-          Kemudian klik tombol registrasi
-          Selesai.