Subscribe in a reader LAUNCHING APLIKASI RKAS

LAUNCHING APLIKASI RKAS

APA ITU RKAS ?
Berdasarkan Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan, termasuk SMP, harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).
RKAS adalah dokumen yang berisi rencana program pengembangan sekolah satu tahun ke depan yang disusun berdasarkan RKS untuk mengatasi kesenjangan yang ada antara kenyataan dengan yang diharapkan menuju terpenuhinya SNP.


PENDAHULUAN
Manajemen keuangan merupakan salah satu substansi manajamen sekolah yang akan turut menentukan berjalannya  kegiatan  pendidikan  di  sekolah. Sebagaimana yang terjadi di substansi manajemen pendidikan pada umumnya, kegiatan manajemen keuangan dilakukan melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian.

Manajemen keuangan dapat pula diartikan sebagai tindakan pengurusan / ketatausahaan keuangan yang meliputi pencatatan , perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan. Sebagaisuatu lembaga pendidikan perlu ditingkatkan dan disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan pembangunan disegalabidang baik segi sarana dan prasarana Pendidikan, fasilitas kerja maupun kesejahteraan yang layak bagi seluruh tenaga Pendidik. Untukmemenuhi sasaran tersebut sangat diperlukan biaya yang cukup dan administrasi yang tertib. Salahsatu pendanaan yang diberikan pihak pemerintah kepada sekolah yaitu dengan adanya dana Bantuan Operasioanl Sekolahatau lebih kitakenal dengan danaBOS.


Perencanaan program BOS meliputi dua kegiatan utamayang dilakukan oleh kepala sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah yaitumengidentifikasi kebutuhan sekolahdan menyusun RencanaAnggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS). Dalam mengidentifikasi kebutuhan sekolah, kepala sekolah dan Tim Manajemen BOS sekolah perlumenentukan kondisi sekolahsaat ini. Salah satunya dengan melakukan evaluasidiri. Dengan melakukanevaluasi diri akan menunjukkan kinerja sekolah misalnya, bagian yang mengalami perbaikan atau peningkatan, bagianyang tetap, danbagian yang mengalami penurunan. Hal ini penting dilakukan karena dana BOS merupakan sumber utama bagi sekolah untuk memenuhi biaya penyelenggaraan sekolah, dan kebijakan pemerintah mengharuskan BOS menjadi saranapenting untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan dasar yang bermutu. Setelah mengidentifikasi kebutuhan sekolahsesuai hasil evaluasidiri yang dilakukanoleh sekolah, maka kepala sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah dapat menyusun Rencana Anggaran Pendapatan dan BelanjaSekolah (RAPBS) berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah. Dalam penyusunan RAPBS, kepala sekolah dan Tim Manajemen BOS sekolah harus memperhatikan ketentuan-ketentuan dari masing-masing sumber dana.Sangat dimungkinkan suatu program dibiayai dengan subsidi silang dariberbagai pos atausumber dana. Program-program yang memerlukan bantuan dari pusat harus dialokasikan sumber dana dari pusat dengan sharing dari sekolahdan komite sekolahatau bahkan daerah. Misalnya untuk pembangunan ruang komputer, laboratorium baru, gedung perpustakaan, dan sebagainya. Sedangkan yang berupa program rehab besar dana lebihdiprioritaskan dari provinsi. Untuk program yanglebih operasional bisa dari dana blockgrant ataulainnya yang bersifatlebih luwes. Mengingat begitu pentingnya dalam melakukan manajemen keuangan sekolahterutama dana BOS dari pemerintah, maka diperlukan suatu sistem yang mampu melakukan pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan, Sistem tersebut adalahRKAS.






RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) merupakan sebuah sistem informasi yang dibuat untukmenangani masalah manajemen keuangan sekolah mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian. Dengan sistem yang terdistribusi diharapkan berbagai pihak yang terlibat mampu berkoordinasi dengan baik. Capaianoutput terakhir yang diberikansistem informasi ini adalah pelaporan, dimana setiapreport yang dihasilkan sudah disesuaikan dengan format yang dikeluarkan  pemerintah.




INSTALASI
Pada tahapan instalasi ini merupakan tahapanawal untuk memasangaplikasi RKAS pada komputer kita. Langkah yang pertama kita lakukan adalah mendownload aplikasinya di alamat : http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id,


Karena disini kita akanmembahas aplikasi RKAS untuk pihaksekolah makan kita klik download. Setelah di download, buka  explorerkemudian cari file  software RKAS sesuai dengan alamat direktori ketika download. Setelah ditemukan kemudian lakukan prosesinstall dengan cara :

-          double mengklik file Setup-RKAS.exe.

-          Klik Yes untuk melanjutkan proses instalasi.



-          Ceklis createa desktop shortcut (jika diperlukan), kemudianklik next.



-          Klik Install.


-          Tunggu hingga prosesinstalasi selesai.


Klik Finish, Sampaipada bagian ini sebenarnya prosesinstalasi sudah selesai. Berikutnya secaraotomatis aplikasi RKASakan terbuka.



Tunggu hingga splashscreen hilang dan masuk k aplikasi RKAS.Ketika sudah masuk ke dalam aplikasi, untuk pertama kali kita akan diminta melakukan konfigurasi. Pada form konfigurasi untuk Kode Registrasi anda dapat memintanya pada dinas pendidikan.




Form Registrasi akan muncul ketika pertamakali aplikasi diinstall, tujuannya adalah untuk mengaktifkan / mendaftarkan sekolahkita kedalam sistem.Pada tahapan ini diwajibkan terkoneksi denganinternet, karena dataregistrasi ini akan di cocokkandengan data di dinas pendidikan. Berikut penjelasan masing- masing kolom inputan:


a.      Kode Registrasi (wajib diisi): kolom ini diisi dengan kode registrasi sekolah kita yang sudahdiajukan ke dinaspendidikan. Kode inisetiap sekolah berbeda-beda. Untuk itu mintalah kode registrasi ke dinas pendidikan kabupaten.
b.      Nama (wajib diisi): kolom ini diisioleh nama operatorsekolah


c.       Email (wajib diisi): kolom emailini wajib diisikarena alamat email ini akan digunakan untuk login kedalam aplikasi. Alamat email ini tidak boleh sama satu denganyang lainnya.
d.      NoHandphone : kolomini diisi dengannomor hendphone operatoratau boleh dengan nomor telepon sekolah.
e.      Password (wajibdiisi) : kolom ini harap diisisebaik mungkin karenaakan digunakan ketika login.Password harus kombinasi angka, huruf kecil, kapital supaya tidak mudahdiketahui.
f.        Ulangi Password (wajib diisi): kolom ini untuk memastikan bahwa password kita sudah benar.
g.      Indikator terhubung ke server atautidak. (wajib terhubung internet).

a.      Tombol Registrasi : tombol ini digunakanuntuk mengirim data ke dinas pendidikan. Tombol ini akan aktif jika terhubung denganinternet, dan akan disablejika tidak terhubung dengan internet.


Hasilnya seperti gambar dibawah ini:


-          Kemudian klik tombol registrasi
-          Selesai.








Komentar