Subscribe in a reader Seputar Dapodik dan Umum

LAUNCHING APLIKASI RKAS

APA ITU RKAS ?
Berdasarkan Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan, termasuk SMP, harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).
RKAS adalah dokumen yang berisi rencana program pengembangan sekolah satu tahun ke depan yang disusun berdasarkan RKS untuk mengatasi kesenjangan yang ada antara kenyataan dengan yang diharapkan menuju terpenuhinya SNP.


PENDAHULUAN
Manajemen keuangan merupakan salah satu substansi manajamen sekolah yang akan turut menentukan berjalannya  kegiatan  pendidikan  di  sekolah. Sebagaimana yang terjadi di substansi manajemen pendidikan pada umumnya, kegiatan manajemen keuangan dilakukan melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian.

Manajemen keuangan dapat pula diartikan sebagai tindakan pengurusan / ketatausahaan keuangan yang meliputi pencatatan , perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan. Sebagaisuatu lembaga pendidikan perlu ditingkatkan dan disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan pembangunan disegalabidang baik segi sarana dan prasarana Pendidikan, fasilitas kerja maupun kesejahteraan yang layak bagi seluruh tenaga Pendidik. Untukmemenuhi sasaran tersebut sangat diperlukan biaya yang cukup dan administrasi yang tertib. Salahsatu pendanaan yang diberikan pihak pemerintah kepada sekolah yaitu dengan adanya dana Bantuan Operasioanl Sekolahatau lebih kitakenal dengan danaBOS.


Perencanaan program BOS meliputi dua kegiatan utamayang dilakukan oleh kepala sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah yaitumengidentifikasi kebutuhan sekolahdan menyusun RencanaAnggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS). Dalam mengidentifikasi kebutuhan sekolah, kepala sekolah dan Tim Manajemen BOS sekolah perlumenentukan kondisi sekolahsaat ini. Salah satunya dengan melakukan evaluasidiri. Dengan melakukanevaluasi diri akan menunjukkan kinerja sekolah misalnya, bagian yang mengalami perbaikan atau peningkatan, bagianyang tetap, danbagian yang mengalami penurunan. Hal ini penting dilakukan karena dana BOS merupakan sumber utama bagi sekolah untuk memenuhi biaya penyelenggaraan sekolah, dan kebijakan pemerintah mengharuskan BOS menjadi saranapenting untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan dasar yang bermutu. Setelah mengidentifikasi kebutuhan sekolahsesuai hasil evaluasidiri yang dilakukanoleh sekolah, maka kepala sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah dapat menyusun Rencana Anggaran Pendapatan dan BelanjaSekolah (RAPBS) berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah. Dalam penyusunan RAPBS, kepala sekolah dan Tim Manajemen BOS sekolah harus memperhatikan ketentuan-ketentuan dari masing-masing sumber dana.Sangat dimungkinkan suatu program dibiayai dengan subsidi silang dariberbagai pos atausumber dana. Program-program yang memerlukan bantuan dari pusat harus dialokasikan sumber dana dari pusat dengan sharing dari sekolahdan komite sekolahatau bahkan daerah. Misalnya untuk pembangunan ruang komputer, laboratorium baru, gedung perpustakaan, dan sebagainya. Sedangkan yang berupa program rehab besar dana lebihdiprioritaskan dari provinsi. Untuk program yanglebih operasional bisa dari dana blockgrant ataulainnya yang bersifatlebih luwes. Mengingat begitu pentingnya dalam melakukan manajemen keuangan sekolahterutama dana BOS dari pemerintah, maka diperlukan suatu sistem yang mampu melakukan pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan, Sistem tersebut adalahRKAS.






RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) merupakan sebuah sistem informasi yang dibuat untukmenangani masalah manajemen keuangan sekolah mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian. Dengan sistem yang terdistribusi diharapkan berbagai pihak yang terlibat mampu berkoordinasi dengan baik. Capaianoutput terakhir yang diberikansistem informasi ini adalah pelaporan, dimana setiapreport yang dihasilkan sudah disesuaikan dengan format yang dikeluarkan  pemerintah.




INSTALASI
Pada tahapan instalasi ini merupakan tahapanawal untuk memasangaplikasi RKAS pada komputer kita. Langkah yang pertama kita lakukan adalah mendownload aplikasinya di alamat : http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id,


Karena disini kita akanmembahas aplikasi RKAS untuk pihaksekolah makan kita klik download. Setelah di download, buka  explorerkemudian cari file  software RKAS sesuai dengan alamat direktori ketika download. Setelah ditemukan kemudian lakukan prosesinstall dengan cara :

-          double mengklik file Setup-RKAS.exe.

-          Klik Yes untuk melanjutkan proses instalasi.



-          Ceklis createa desktop shortcut (jika diperlukan), kemudianklik next.



-          Klik Install.


-          Tunggu hingga prosesinstalasi selesai.


Klik Finish, Sampaipada bagian ini sebenarnya prosesinstalasi sudah selesai. Berikutnya secaraotomatis aplikasi RKASakan terbuka.



Tunggu hingga splashscreen hilang dan masuk k aplikasi RKAS.Ketika sudah masuk ke dalam aplikasi, untuk pertama kali kita akan diminta melakukan konfigurasi. Pada form konfigurasi untuk Kode Registrasi anda dapat memintanya pada dinas pendidikan.




Form Registrasi akan muncul ketika pertamakali aplikasi diinstall, tujuannya adalah untuk mengaktifkan / mendaftarkan sekolahkita kedalam sistem.Pada tahapan ini diwajibkan terkoneksi denganinternet, karena dataregistrasi ini akan di cocokkandengan data di dinas pendidikan. Berikut penjelasan masing- masing kolom inputan:


a.      Kode Registrasi (wajib diisi): kolom ini diisi dengan kode registrasi sekolah kita yang sudahdiajukan ke dinaspendidikan. Kode inisetiap sekolah berbeda-beda. Untuk itu mintalah kode registrasi ke dinas pendidikan kabupaten.
b.      Nama (wajib diisi): kolom ini diisioleh nama operatorsekolah


c.       Email (wajib diisi): kolom emailini wajib diisikarena alamat email ini akan digunakan untuk login kedalam aplikasi. Alamat email ini tidak boleh sama satu denganyang lainnya.
d.      NoHandphone : kolomini diisi dengannomor hendphone operatoratau boleh dengan nomor telepon sekolah.
e.      Password (wajibdiisi) : kolom ini harap diisisebaik mungkin karenaakan digunakan ketika login.Password harus kombinasi angka, huruf kecil, kapital supaya tidak mudahdiketahui.
f.        Ulangi Password (wajib diisi): kolom ini untuk memastikan bahwa password kita sudah benar.
g.      Indikator terhubung ke server atautidak. (wajib terhubung internet).

a.      Tombol Registrasi : tombol ini digunakanuntuk mengirim data ke dinas pendidikan. Tombol ini akan aktif jika terhubung denganinternet, dan akan disablejika tidak terhubung dengan internet.


Hasilnya seperti gambar dibawah ini:


-          Kemudian klik tombol registrasi
-          Selesai.








Cara Update E-Raport dari Tapel 2017/2018 ke 2018/2019

Tahun Pelajaran 2018-2019 Sudah dimulai
Saatnya Kita Mengupdate Eraport untuk tahun pelajaran yang berlangsung sekarang.
Ikuti Caranya Sampai Selesai.
1. Kita Masuk Ke Aplikasi Eraport

    - Masukkan Id
    - MAsukkan Pasword
     - Pilih Level User
     - Pilih Tahun Pelajaran yang berjalan ( yang terakhir)
2. Setelah Masuk Kita Lihat Apakah Sudah berubah Ke 2018-2019 atau belum.

3. Jangan Lupa kita backup dulu bagi yang pernah instal untuk berjaga-jaga agar data tetap aman atau untuk mengembalikan data jika updater gagal

Jika Sukses akan muncul


4. Jangan Lupa buka Dapodik Versi 2019 atu diatasya

5. langkah selanjutnya kita buka erpaort dan ambil data dapodik atau syncronkan semua data referensi
dapodik v 2019 atau ke atas supaya datanya masuk ke eraport. tapi setelah disyncronkan masih tampak tapel 2017-2018. jika masih ada yang merah silahkan lakukan syncron ulang.

6. keluar dari aplikasi terlebih dahulu
7.  Lihat di tampilan tapel apakah berubah atau belum.

8. lalu kita login kembali untuk mengecek
9. Jika sudah benar kita generat ulang user dan selesai
10; untuk pengisian tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya.
Selamat mencoba....

Panselnas Sebut Tes CPNS Bukan Sistem Online tapi Pakai Jaringan LAN



Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 menyiapkan 873 titik lokasi tes yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Selain fasilitas Computer Assissted Test (CAT) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), Panselnas juga akan menggunakan fasilitas CAT Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, dari jumlah itu, 237 titik diantaranya milik atau yang diusahakan oleh BKN dan 636 titik merupakan fasilitas UNBK Kemendikbud. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah para pelamar untuk dapat menjangkau lokasi tes.
“Dengan jumlah itu, diharapkan pelamar semakin dekat dengan lokasi tes CPNS Tahun 2018. Lokasi tes CPNS yang dikoordinir BKN antara lain Kantor BKN Pusat, sejumlah Kantor Regional BKN, UPT BKN, lokasi milik Kementerian/Lembaga yang tersebar di berbagai daerah,” ujarnya di Jakarta.

Artikel Terkait : 

PETUNJUK PENDAFTARAN SISTEM SELEKSI CPNS NASIONAL TAHUN 2018



Sementara itu, Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan pihaknya menegaskan telah siap untuk pelaksanaan tes CPNS 2018 dengan menggunakan jaringan Local Area Network (LAN), bukan menggunakan sistem online. Mengenai titik lokasi CPNS juga masih akan dirampungkan. “Insya Allah siap. Jaringan pakai LAN, bukan online. Jumlah titik difinalisasi akan difinalisasi Senin depan,” singkatnya kepada Fajar Indonesia Network (FIN).

Pemerintah sebelumnya telah mengumumkan pembukaan seleksi CPNS Tahun 2018 untuk 238.015 formasi, yang terdiri atas 51.271 formasi di instansi Pemerintah Pusat  (76 K/L) dan 186.744 formasi untuk instansi Pemerintah Daerah (525 Pemda). Prioritas pengadaan CPNS 2018 meliputi tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, serta tenaga yang memiliki kualifikasi teknis di bidang infrastruktur sesuai dengan program Nawacita.

Jabatan Inti yang diisi dari pelamar umum sebanyak 24.817 formasi, Guru Madrasah Kementerian Agama yang bertugas di Kabupaten/Kota sebanyak 12.000 formasi, serta dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454 formasi. Adapun peruntukan instansi Pemerintah Daerah terdiri dari Guru Kelas dan Mata Pelajaran sebanyak 88.000 formasi, Guru Agama sebanyak 8.000 formasi, Tenaga Kesehatan sebanyak 60.315 formasi (Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, dan Tenaga Medis/Paramedis), serta Tenaga Teknis yang diisi dari pelamar umum sebanyak 30.429 formasi.

Penetapan formasi khusus pengadaan CPNS Tahun 2018 terdiri dari Putra/Putri Lulusan Terbaik (cumlaude), Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, Olahragawan Berprestasi Internasional, serta Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori II jabatan guru dan tenaga kesehatan yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS.

Pendaftaran CPNS sudah berlangsung sejak 26 September dan berakhir pada 15 Oktober mendatang. Pada 21 Oktober, akan diumumkan hasil seleksi administrasi. Kemudian dilanjutkan pencetakkan nomor ujian secara online pada 21-25 Oktober 2018.


Berita Terkait :

HASIL AKREDITASI SEKOLAH TAHUN 2018









Sumber : http://www.radarcirebon.com/panselnas-sebut-tes-cpns-bukan-sistem-online-tapi-pakai-jaringan-lan.html

CARA MENGISI DHGTK V2 (ABSEN ONLINE V.2)

Bagaimana mengisi absen online guru DHGTK versi baru (V2) ? Melalui artikel ini admin akan memberikan sedikit panduan dalam mengerjakan dhgtk v2. Untuk pengisian absen guru memang berbeda dengan versi sebelumnya sehingga membuat kita bingung. Terutama cetak sptjm dhgtk saat ini hanya bisa dilakukan melalui halaman dhtk versi baru. Oleh karena itu pada kesempatan ini sedikit akan admin bagikan langkah-langkah mengerjakan dhgtk v2. Bagi anda yang belum mengerti silahkan menunggu panduan dhgtk v2 dari admin pusat, karena artikel ini sekedar share berdasarkan pengalaman saja.

Agar tidak salah paham silahkan terlebih dahulu baca status bapak nazarudin kompeten admin GTK. Untuk sekolah yang belum menggunakan nger print tetap absen online lewat DHGTK versi V.1 sedangkan v.2 khusus yang menggunakan




ngertprint. Untuk entri kalau ada pegawai yg izin, sakit, dinas luar gunakan Versi 2. karena rekap dilakukan di V2.

DHGTK versi 1 masih perbaikan, tunggu sampai selesai proses merger data centang v1 ke v2. semoga dipahami.

Operator    dapodik    login    dhgtk    v2    ke    link    berikut     :

http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2/. Ketika muncul tampilan form login seperti gambar dibawah isikan npsn, user id, password dan kode capctha kemudian klik tombol sign in lalu browser anda akan diarahkan ke dashboard dhgtk terbaru seperti penampakkan dibawah.



Pada dhgtk versi baru Terdapat beberapa tur update di navigasi utama. Seperti gambar diatas laman dhgtk v2 diantaranya kelengkapan sekolah terdiri dari izin pegawai, operasional sekolah, kalender pendidikan, entri kehadiran dan SPTJM. Pada menu laporan terdiri dari laporan bulanan dan harian. Untuk cetak SPTJM silahkan menuju menu yang dimaksud kemudian klik cetak laporan dan sptjm.

Adapun Cara mengisi absen online versi baru yaitu DHGTK V2, langkah pertama adalah klik menu kelengkapan kemudian pilih operasional sekolah. klik tanggal kalender pendidikan sesuai bulan saat ini, kemudian isikan waktu penyelenggaraan, jam kerja sesuai pergantian jam pelajaran, dan jam istirahat. bila sudah selesai klik tombol simpan. seperti penampakkan gambar dibawah


1. Bagi sekolah yang menggunakan mesin nger print, silahkan buat alokasi waktu menggunakan aplikasi geisa online.

2.  Bagi yang belum silahkan mengisikan manual alokasi waktunya. Untuk membuat jam mengajar gunakan tombol TAB pada keyboard komputer anda.

























langkah kedua adalah klik menu entri kehadiran. klik tanggal di kalender kemudian pilih nama guru lalu pada tombol status geser ke Kanan atau klik ke kanan sampai berubah warna biru. untuk GTK lainnya kurang lebih seperti penampakkan gambar dibawah.


langkah ketiga adalah cara cetak sptjm di dhgtk versi baru yaitu lengkapi dulu data pejabat SPTJM, untuk emilih bulan klik kalender, pilih penanggung jawab (kepala Sekolah). NIP, dll. Klik tombol simpan, setelah itu klik download pdf untuk cetak sptjm seperti gambar dibawah.

langkah keempat adalah cetak laporan bulanan dan harian dhgtk versi baru adalah dengan cara klik menu laporan, plih laporan bulanan atau harian kemudian cek kelengkapan daftar kehadiran guru, klik tombol download pdf. Seperti penampakkan gambar dibawah


September 2018 - Sahabat guru. Terkait dengan aplikasi absen online dhgtk tahun pelajaran 2018/2019 semester ganjil yang akan diberlakukan mulai juli 2018 sebagai syarat penerbitan SKTP Guru, maka admin akan mengupdate beberapa info penting yang resmi dikeluarkan oleh dirjen gtk. Beberapa info penting tersebut adalah sebagai berikut:

1.  Setiap Guru harus mengisi daftar Kehadiran Online (Hadir GTK), efektif mulai Juli 2018





     Jika sudah menggunakan Mesin Sidik Jari dapat disinkronkan dengan Hadir GTK (jika mesin mendukung teknologi online)

   Daftar kehadiran digunakan oleh Dinas Pendidikan untuk memveri kasi usulan SKTP

















Sumber : https://www.guru-id.com/2017/08/cara-isi-absen-guru-online-di.html