Subscribe in a reader Cara Melihat dan Mengunduh RAPOR PMP Tahun 2018

Cara Melihat dan Mengunduh RAPOR PMP Tahun 2018

Cara Melihat dan Mengunduh RAPOR PMP Tahun 2018


Peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan ini merupakan tanggung jawab dari setiap komponen di satuan pendidikan. Peningkatan mutu di satuan pendidikan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya budaya mutu pada seluruh komponen sekolah. Untuk peningkatan mutu sekolah secara utuh dibutuhkan pendekatan khusus agar seluruh komponen sekolah bersama-sama memiliki budaya .


Agar penjaminan mutu dapat berjalan dengan baik di segala lapisan pengelolaan pendidikan dasar dan menengah, telah dikembangkan sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah dalam sebuah aplikasi khusus untuk pemetaan mutu pendidikan. Oleh karena itu dikembangkanlah suatu aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) yang terintegrasi dengan dapodik.

Dengan diluncurkannya aplikasi PMP, pemerintah berhadap bahwa aplikasi PMP dapat menfasilitasi satuan pendidikan dalam penerapan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan dengan standar yang sudah ditetapkan pemerintah. Di samping itu, dengan adanya aplikasi PMP ini juga diharapkan dapat memperkuat upaya satuan pendidikan dalam memberdayakan pendidikan yang bermuutu berdasarkan kebututhan yang sesuai di lapangan. Hasil dari PMP nantinya akan menghasilkan output yang digunakan sebagai peta mutu, rekomendasi program, pendampingan dan penguatan, monitoring dan evaluasi dan pelatihan terkiat peningkatan peningkatan aspek mutu.


Dan pada tanggal 15 September 2018 pukul 24.00 WIB kemarin adalah batas akhir pengiriman data PMP untuk tahun 2018. Dan Pengiriman Ulang dan Pemrosesan Rapor Mutu Data PMP 2018 tanggal 14 Maret 2019 bagi yang belum mengirim dan sekolah yang gagal terproses.


Dengan ditutupnya pintu server maka sekolah sudah dianggap menyelesaikan kuesioner PMP dan server akan memproses setiap data kuesioner PMP yang masuk sehingga akan diketahui rapor mutu PMP masing-masing sekolah. Rapor mutu PMP tiap sekolah bisa dilihat melalui halaman resmi PMP dengan login sebagai operator sekolah.



Rapor mutu PMP tersebut tidak hanya bisa dilihat saja, namun bisa dicetak dan disimpan sebagai arsip administrasi sekolah. Untuk dapat mencetak rapor mutu PMP sekolah dapat mengikuti cara mencetak rapor PMP berikut ini.


1. Sambungkan laptop/komputer dengan internet
2. Ketikkan alamat web PMP http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/portal/ 

    Lalu Akan Muncul 

             Klik 
                                  DESKRIPSI GAMBAR 
             Lalu


3. Pilih dan klik menu login, isikan username dan password aplikasi PMP

4. Lalu akan Muncul beranda, Pilih Sekolah anda  





5. Maka Akan Tampil Halaman awal seperti dibawah ini


6. Untuk Melihat tahun-tahun sebelum dan nilai yang di dapat pada tahun 2018, gulung ke bawah

7. Untuk mengambil RAPORT terus gulung ke bawah Klik Pilih Tahun Yang Akan dilihat dan dicetak. Lalu pilih Export Excel, Maka akan otomatis menyimpan Raport PMP tersebut.


Silahkan dicari tempat anda menyimpan Hasil Download filenya. 




Bagaimana cukup mudah bukan cara mencetak rapor mutu sekolah hasil dari pemetaan mutu pendidikan melalui aplikasi PMP 2018. Saat artikel ini ditulis, untuk sementara rapor mutu yang ada hanya tahun 2018 . 



Semoga Artikel Ini Bermanfaat, Terima Kasih.





Komentar