Subscribe in a reader CARA MENGGABUNGKAN BEBERAPA FILE PDF MENJADI 1 FILE PDF

CARA MENGGABUNGKAN BEBERAPA FILE PDF MENJADI 1 FILE PDF

Dalam beberapa kondisi, sering kali kita memerlukan 1 buah file khusus yang merupakan kumpulan dari beberapa file yang penting. Jika semua file tersebut pada dasarnya merupakan file-file word, kita mungkin saja menggabungkan nya menjadi 1 buah file microsoft word. Namun jika jika file file tersebut cukup beragam, misalnya saja kita ingin menggabungkan file PDF dan File Microsoft word dalam satu buah file. Tentu akan sedikit sulit jika kita memaksa nya menjadi file word.

Salah satu langkah yang cukup mudah untuk menggabungkan beberapa file dokumen menjadi 1 buah file, adalah dengan memanfaatkan format PDF. Beberapa File PDF bisa dengan sangat mudah digabungkan menjadi 1 buah file PDF. Maka, jika kita ingin menggabungkan word dan PDF, tentu salah satu alternatif yang bisa dipakai adalah mengubah file word tersebut menjadi format PDF. Kemudian File PDF hasil dari konversi word tersebut kita gabungkan dengan file PDF yang lain. Artikel tentang mengubah format word menjadi PDF pernah saya bahas dalam artikel saya sebelumnya.


Jika seluruh file yang ingin kita gabungkan sudah dalam format PDF, maka langkah berikutnya cukup mudah. Sebab kita bisa langsung menggabungkan file-file tersebut menjadi satu buah file saja. Untuk menggabungkan file PDF, kita bisa menggunakan situs-situs online maupun menggunakan aplikasi-aplikasi. Namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas cara menggabungkan file PDF menggunakan aplikasi.

Cara menggabungkan beberapa File PDF menjadi 1 File PDF
Dahulu saya cukup sering menggabungkan beberapa file PDF menjadi 1 buah file menggunakan Nitro PDF Proffesional. Aplikasi tersebut sudah sangat bagus dalam melakukan berbagai aktivitas terkait editing file PDF. dan saya sendiri sangat suka dengan aplikasi tersebut. Namun setelah saya berganti PC dengan Spek yang lebih rendah (sangat rendah), aplikasi tersebut tidak saya gunakan lagi. Saya sendiri menyarankan anda mencoba aplikasi tersebut jika anda cukup sering melakukan editing file PDF.

Editing file PDF yang saya lakukan akhir akhir ini hanya terkait dengan menggabungkan file. Oleh sebab itu saya kemudian menggunakan aplikasi lain yang lebih sederhana dan tidak memberatkan netbook yang saya gunakan saat ini. Aplikasi yang saya pilih dan saya gunakan adalah Aplikasi PDFBinder. Silahkan anda Instal di PC anda jika anda juga tertarik untuk mencoba.

Untuk menggabungkan beberapa file PDF menggunakan PDFBinder, caranya sangatlah sederhana. Kita cukup membuka aplikasi tersebut, kemudian memilih file-file PDF yang akan kita gabungkan melalui menu Add File. 
Menggabungkan Beberapa file PDF menjadi 1 File via PDFBinder
Menggabungkan beberapa file PDF
Setelah jendela terbuka, maka kita tinggal mencari dan memilih file-file PDF yang ingin kita gabungkan. Pada kasus kali ini saya mengambil contoh menggabungkan enam buah file PDF teratas seperti yang diperlihatkan oleh gambar. Jika susunan atau urutan File tidak sesuai dengan yang kita harapkan, kita bisa menggeser-geser urutannya dengan klik nama file dan tanda panah ke atas atau ke bawah. Jika kita ingin menghapus file, maka kita cukup klik tombol berwarna merah.

Menu-menu di PDFBinder
Jika semua sudah sesuai dengan yang kita harapkan, maka kita tinggal klik Bind! dan beri nama file baru yang ingin kita pakai. Proses penggabungan ini cukup cepat, bahkan bisa dibilang sangat cepat, jadi kita tidak akan terlalu lelah menunggu.

Kekurangan PDFBinder
PDFBinder merupakan aplikasi yang sempurna untuk menggabungkan file PDF. Sehingga aplikasi ini tidak bisa memecah satu buah file PDF menjadi beberapa file, juga tidak bisa membuang halaman tertentu pada file PDF (Bisa dilakukan oleh Nitro PDF). Padahal, hal-hal tersebut kadang diperlukan untuk membentuk 1 buah file yang susuai dengan keinginan kita. Namun secara umum, aplikasi PDFBinder ini sangat bagus.


























Sumber : https://www.pelajarterbaik.com/2017/08/cara-menggabungkan-beberapa-file-pdf-menjadi-1-file-pdf.html

Komentar