Subscribe in a reader Seputar Dapodik dan Umum

Cara Update E-Raport dari Tapel 2017/2018 ke 2018/2019

Tahun Pelajaran 2018-2019 Sudah dimulai
Saatnya Kita Mengupdate Eraport untuk tahun pelajaran yang berlangsung sekarang.
Ikuti Caranya Sampai Selesai.
1. Kita Masuk Ke Aplikasi Eraport

    - Masukkan Id
    - MAsukkan Pasword
     - Pilih Level User
     - Pilih Tahun Pelajaran yang berjalan ( yang terakhir)
2. Setelah Masuk Kita Lihat Apakah Sudah berubah Ke 2018-2019 atau belum.

3. Jangan Lupa kita backup dulu bagi yang pernah instal untuk berjaga-jaga agar data tetap aman atau untuk mengembalikan data jika updater gagal

Jika Sukses akan muncul


4. Jangan Lupa buka Dapodik Versi 2019 atu diatasya

5. langkah selanjutnya kita buka erpaort dan ambil data dapodik atau syncronkan semua data referensi
dapodik v 2019 atau ke atas supaya datanya masuk ke eraport. tapi setelah disyncronkan masih tampak tapel 2017-2018. jika masih ada yang merah silahkan lakukan syncron ulang.

6. keluar dari aplikasi terlebih dahulu
7.  Lihat di tampilan tapel apakah berubah atau belum.

8. lalu kita login kembali untuk mengecek
9. Jika sudah benar kita generat ulang user dan selesai
10; untuk pengisian tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya.
Selamat mencoba....

Panselnas Sebut Tes CPNS Bukan Sistem Online tapi Pakai Jaringan LAN



Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 menyiapkan 873 titik lokasi tes yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Selain fasilitas Computer Assissted Test (CAT) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), Panselnas juga akan menggunakan fasilitas CAT Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, dari jumlah itu, 237 titik diantaranya milik atau yang diusahakan oleh BKN dan 636 titik merupakan fasilitas UNBK Kemendikbud. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah para pelamar untuk dapat menjangkau lokasi tes.
“Dengan jumlah itu, diharapkan pelamar semakin dekat dengan lokasi tes CPNS Tahun 2018. Lokasi tes CPNS yang dikoordinir BKN antara lain Kantor BKN Pusat, sejumlah Kantor Regional BKN, UPT BKN, lokasi milik Kementerian/Lembaga yang tersebar di berbagai daerah,” ujarnya di Jakarta.

Artikel Terkait : 

PETUNJUK PENDAFTARAN SISTEM SELEKSI CPNS NASIONAL TAHUN 2018



Sementara itu, Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan pihaknya menegaskan telah siap untuk pelaksanaan tes CPNS 2018 dengan menggunakan jaringan Local Area Network (LAN), bukan menggunakan sistem online. Mengenai titik lokasi CPNS juga masih akan dirampungkan. “Insya Allah siap. Jaringan pakai LAN, bukan online. Jumlah titik difinalisasi akan difinalisasi Senin depan,” singkatnya kepada Fajar Indonesia Network (FIN).

Pemerintah sebelumnya telah mengumumkan pembukaan seleksi CPNS Tahun 2018 untuk 238.015 formasi, yang terdiri atas 51.271 formasi di instansi Pemerintah Pusat  (76 K/L) dan 186.744 formasi untuk instansi Pemerintah Daerah (525 Pemda). Prioritas pengadaan CPNS 2018 meliputi tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, serta tenaga yang memiliki kualifikasi teknis di bidang infrastruktur sesuai dengan program Nawacita.

Jabatan Inti yang diisi dari pelamar umum sebanyak 24.817 formasi, Guru Madrasah Kementerian Agama yang bertugas di Kabupaten/Kota sebanyak 12.000 formasi, serta dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454 formasi. Adapun peruntukan instansi Pemerintah Daerah terdiri dari Guru Kelas dan Mata Pelajaran sebanyak 88.000 formasi, Guru Agama sebanyak 8.000 formasi, Tenaga Kesehatan sebanyak 60.315 formasi (Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, dan Tenaga Medis/Paramedis), serta Tenaga Teknis yang diisi dari pelamar umum sebanyak 30.429 formasi.

Penetapan formasi khusus pengadaan CPNS Tahun 2018 terdiri dari Putra/Putri Lulusan Terbaik (cumlaude), Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, Olahragawan Berprestasi Internasional, serta Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori II jabatan guru dan tenaga kesehatan yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS.

Pendaftaran CPNS sudah berlangsung sejak 26 September dan berakhir pada 15 Oktober mendatang. Pada 21 Oktober, akan diumumkan hasil seleksi administrasi. Kemudian dilanjutkan pencetakkan nomor ujian secara online pada 21-25 Oktober 2018.


Berita Terkait :

HASIL AKREDITASI SEKOLAH TAHUN 2018









Sumber : http://www.radarcirebon.com/panselnas-sebut-tes-cpns-bukan-sistem-online-tapi-pakai-jaringan-lan.html

CARA MENGISI DHGTK V2 (ABSEN ONLINE V.2)

Bagaimana mengisi absen online guru DHGTK versi baru (V2) ? Melalui artikel ini admin akan memberikan sedikit panduan dalam mengerjakan dhgtk v2. Untuk pengisian absen guru memang berbeda dengan versi sebelumnya sehingga membuat kita bingung. Terutama cetak sptjm dhgtk saat ini hanya bisa dilakukan melalui halaman dhtk versi baru. Oleh karena itu pada kesempatan ini sedikit akan admin bagikan langkah-langkah mengerjakan dhgtk v2. Bagi anda yang belum mengerti silahkan menunggu panduan dhgtk v2 dari admin pusat, karena artikel ini sekedar share berdasarkan pengalaman saja.

Agar tidak salah paham silahkan terlebih dahulu baca status bapak nazarudin kompeten admin GTK. Untuk sekolah yang belum menggunakan nger print tetap absen online lewat DHGTK versi V.1 sedangkan v.2 khusus yang menggunakan




ngertprint. Untuk entri kalau ada pegawai yg izin, sakit, dinas luar gunakan Versi 2. karena rekap dilakukan di V2.

DHGTK versi 1 masih perbaikan, tunggu sampai selesai proses merger data centang v1 ke v2. semoga dipahami.

Operator    dapodik    login    dhgtk    v2    ke    link    berikut     :

http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2/. Ketika muncul tampilan form login seperti gambar dibawah isikan npsn, user id, password dan kode capctha kemudian klik tombol sign in lalu browser anda akan diarahkan ke dashboard dhgtk terbaru seperti penampakkan dibawah.



Pada dhgtk versi baru Terdapat beberapa tur update di navigasi utama. Seperti gambar diatas laman dhgtk v2 diantaranya kelengkapan sekolah terdiri dari izin pegawai, operasional sekolah, kalender pendidikan, entri kehadiran dan SPTJM. Pada menu laporan terdiri dari laporan bulanan dan harian. Untuk cetak SPTJM silahkan menuju menu yang dimaksud kemudian klik cetak laporan dan sptjm.

Adapun Cara mengisi absen online versi baru yaitu DHGTK V2, langkah pertama adalah klik menu kelengkapan kemudian pilih operasional sekolah. klik tanggal kalender pendidikan sesuai bulan saat ini, kemudian isikan waktu penyelenggaraan, jam kerja sesuai pergantian jam pelajaran, dan jam istirahat. bila sudah selesai klik tombol simpan. seperti penampakkan gambar dibawah


1. Bagi sekolah yang menggunakan mesin nger print, silahkan buat alokasi waktu menggunakan aplikasi geisa online.

2.  Bagi yang belum silahkan mengisikan manual alokasi waktunya. Untuk membuat jam mengajar gunakan tombol TAB pada keyboard komputer anda.

























langkah kedua adalah klik menu entri kehadiran. klik tanggal di kalender kemudian pilih nama guru lalu pada tombol status geser ke Kanan atau klik ke kanan sampai berubah warna biru. untuk GTK lainnya kurang lebih seperti penampakkan gambar dibawah.


langkah ketiga adalah cara cetak sptjm di dhgtk versi baru yaitu lengkapi dulu data pejabat SPTJM, untuk emilih bulan klik kalender, pilih penanggung jawab (kepala Sekolah). NIP, dll. Klik tombol simpan, setelah itu klik download pdf untuk cetak sptjm seperti gambar dibawah.

langkah keempat adalah cetak laporan bulanan dan harian dhgtk versi baru adalah dengan cara klik menu laporan, plih laporan bulanan atau harian kemudian cek kelengkapan daftar kehadiran guru, klik tombol download pdf. Seperti penampakkan gambar dibawah


September 2018 - Sahabat guru. Terkait dengan aplikasi absen online dhgtk tahun pelajaran 2018/2019 semester ganjil yang akan diberlakukan mulai juli 2018 sebagai syarat penerbitan SKTP Guru, maka admin akan mengupdate beberapa info penting yang resmi dikeluarkan oleh dirjen gtk. Beberapa info penting tersebut adalah sebagai berikut:

1.  Setiap Guru harus mengisi daftar Kehadiran Online (Hadir GTK), efektif mulai Juli 2018





     Jika sudah menggunakan Mesin Sidik Jari dapat disinkronkan dengan Hadir GTK (jika mesin mendukung teknologi online)

   Daftar kehadiran digunakan oleh Dinas Pendidikan untuk memveri kasi usulan SKTP

















Sumber : https://www.guru-id.com/2017/08/cara-isi-absen-guru-online-di.html

Contoh Surat Izin Kerja Untuk Karyawan dan PNS

Sebagai seorang karyawan ataupun pegawai, tentu memiliki tanggung jawab masing – masing setiap harinya. Adapun tanggung jawab merupakan hal yang tidak bisa kita tinggalkan kecuali dengan alasan yang jelas dan memang benar – benar tidak bisa menjalankan tanggung jawab sebagaimana biasanya.
Jika anda bekerja sebagai salah satu karyawan di sebuah perusahaan, maka sudah merupakan kewajiban bagi anda untuk datang kerja setiap hari kerja yang sudah ditentukan. Begitu juga dengan para pegawai negeri sipil, tidak bisa mangkir kerja tanpa alasan yang jelas. Jika anda lari dari tanggung jawab dan lalai dalam menjalankan tugas, maka tentu saja anda harus menerima resikonya, yakni hukuman.
Namun sebagai manusia biasa, mungkin saja anda tidak bisa melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab pekerjaan sebagaimana biasanya. Hal ini mungkin saja disebabkan anda yang sedang sakit atau memiliki urusan yang tidak bisa ditunda dan ditinggalkan. Nah, untuk menghindari sanksi dari perusahaan maupun instansi tempat anda bekerja, maka sebaiknya anda menggunakan contoh surat izin kerja.

Contoh Surat Izin Kerja

Contoh surat izin kerja merupakan contoh surat yang digunakan oleh seorang karyawan kepada perusahaan maupun seorang pegawai kepada instansi tempatnya bekerja untuk meminta izin tidak masuk kerja dalam jangka waktu tertentu. Adapun waktu anda tidak masuk kerja tergantung dari anda sendiri, mungkin hanya satu hari, namun mungkin juga untuk waktu yang agak lama.
Surat izin kerja tidaklah bisa dibuat dengan asal – asalan dan menganggapnya sekedar formalitas biasa saja. Namun anda memang harus memiliki alasan yang jelas, sebagai penyebab anda tidak bisa masuk kerja seperti biasanya. Jika anda memang sedang dalam keadaan sakit, maka akan lebih baik bagi anda jika menyertakan surat sakit dari dokter.
Ada beberapa hal yang harus dicantumkan dalam penulisan contoh surat izin kerja, seperti pihak yang dituju, identitas pengirim, isi surat, alasan izin kerja, dan juga penutup dan ucapan terimakasih. Berikut adalah beberapa contoh surat izin kerja sebagai bahan referensi untuk anda.

1. Contoh Surat Izin Kerja Karena Anak Sakit

Sebagai orang tua, sudah merupakan kewajiban bagi kita untuk mengurus anak setiap saat, baik itu dikala sehat maupun dikala sakit. Terlebih di kala sakit, seorang anak mungkin saja tidak bisa ditinggalkan. Untuk itu, anda bisa meminta izin kerja karena harus mengurus anak yang sedang sakit di rumah sakit maupun di rumah.
Bandung, 29 April 2018
Yang terhormat,
Kepala Bagian Personalia
PT. Maju Mundur
Jalan Bukit Indah 100, Bandung
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama:Intan Permatasari
Alamat:Jl. Pertempuran No. 123, Bandung
Jabatan:Asisten Kepala Bagian Quality Control
Dengan ini bermaksud untuk memohon izin tidak dapat masuk kerja selama 3 hari terhitung sejak hari ini dikarenakan mengurus Anak saya yang sedang sakit. Bersama surat ini saya sertakan pula surat keterangan hasil pemeriksaan kesehatan dari dokter RSUD Soewondo Pati.
Demikian permohonan izin ini saya sampaikan. Atas perhatian serta kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya,
Intan Permatasari

2. Contoh Surat Izin Kerja Karena Acara Keluarga

Sebagai anggota keluarga dari sebuah keluarga besar, tentu saja anda akan dihadapkan pada beberapa keperluan yang menyangkut keluarga. Mungkin saja ketika saudara menikah ataupun menghadiri pemakanan keluarga yang sedang meninggal. Untuk itu, anda bisa mengirimkan surat izin kerja ke perusahaan tempat anda bekerja agar tidak dikenakan sanksi.
Yogyakarta, 29 April 2018
Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja
Yang terhormat,
Kepala Bagian Personalia
PT. Maju Terus Pantang Mundur
Jalan Kebon Agung 11, Mlati, Sleman
Yogyakarta
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama:Joko Susilo
Alamat:Jl. Perjuangan No. 123 Yogyakarta
Jabatan:Staff Produksi
Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada Sabtu ini, 29 April 2018 saya tidak dapat hadir untuk bekerja seperti biasa dikarenakan ada kepentingan keluarga di luar kota yang tidak dapat ditinggalkan. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud memohon izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal tersebut.
Demikian permohonan izin ini saya sampaikan. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Joko Susilo

3. Contoh Surat Izin Kerja PNS

Memiliki pekerjaan sebagai seorang PNS pada umumnya memang lebih enak dibandingkan bekerja di perusahaan swasta. Namun kendati demikian, anda tetap harus mematuhi peraturan yang ada pada setiap instansi, salah satunya adalah untuk datang bekerja setiap harinya. Jika anda berhalangan, maka anda bisa membuat surat izin kerja seperti contoh berikut ini.
Jakarta, 29 April 2018
FORMULIR TIDAK MASUK KERJA
Kepada Yth,
Bapak Kepala Dinas Pariwisata
Provinsi DKI Jakarta
Di Tempat
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama:Abdul Rozak
NIP:934863
Jabatan:Kepala Bagian Pemerintahan
Pangkat/Gol:Pembina Muda/IV B
Unit Kerja:Dinas Pariwisata DKI Jakarta
bahwa pada hari Sabtu tanggal 29 April 2018 tidak bisa masuk kerja karena sedang dalam keadaan sakit. Selama saya tidak bisa hadir kerja, saya berada di rumah sakit Adam Malik Jakarta menjalani perawatan inap.
Atas perhatian Bapak Kepala Dinas, saya ucapkan terimakasih.
Hormat Saya,

Abdul Rozak

4. Contoh Surat Izin Kerja Tanpa Surat Dokter

Akan lebih baik bagi anda untuk memberikan surat keterangan sakit dari dokter ketika tidak bisa masuk kerja seperti biasanya. Namun hal ini bisa anda sesuaikan dengan peraturan perusahaan. Jika perusahaan tidak mewajibkan karyawanya untuk memberikan surat keterangan sakit dari dokter, maka anda bisa memberikan surat izin kerja saja.
Bandung, 29 April 2018
Perihal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja
Lampiran : –
Kepada Yth,
Bapada Yuda Pratama
Kepala HRD PT. Maju Mundur
di Tempat
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama:Deni Setiawan
Alamat:Jl. Gagak Hitam No, 123 Bandung
No. Induk Karyawan:8734553
Jabatan:Manajer Marketing
bersama surat ini bermaksud memohon izin tidak masuk kerja selama 3 hari, terhitung mulai dari hari ini. Permohonan izin kerja ini saya ajukan karena sesuai dengan hasil pemeriksaan dokter, saya harus menjalani perawatan rawat inap di rumah sakit selama 3 hari.
Atas perhatian bapak, saya ucapkan terimakasih.
Hormat Saya,
Deni Setiawan

5. Contoh Surat Izin Kerja Tidak Masuk Mengajar

Bagi seorang guru sudah merupakan kewajiban untuk masuk mengajar sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan di setiap awal semester. Namun terkadang anda sebagai manusia biasa mungkin saja berhalangan untuk hadir dan masuk mengajar. Untuk itu, anda bisa mengirimkan surat izin kerja kepada pihak sekolah, agar pihak sekolah bisa mencarikan pengganti anda.
Bandung, 29 April 2018
Kepada Yth,
Kepala SMA Negeri 1 Bandung
di Tempat
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama:Indah Pertiwi
NIP:87458358
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123 Bandung
Pangkat/Gol:Penata Muda/IIIA
Jabatan:Guru Matematika SMA Negeri 1 Bandung
dengan ini mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja, dengan alasan saya harus menghadiri pernikahan saudara di kampung halaman saya selama 1 hari.
Atas perhatian bapak, saya ucapkan terimakasih.
Hormat Saya,

Indah Pertiwi

6. Contoh Surat Izin Kerja Singkat

Setiap perusahaan tentu memiliki peraturan yang berbeda – beda. Ada perusahaan yang mewajibkan penggunaan surat izin dengan sangat detail, namun ada juga perusahaan yang tidak mewajibkan hal demikian. Jika anda berhalangan untuk masuk kerja, maka anda bisa menulis surat izin kerja singkat seperti contoh di bawah ini.
Tegal, 29 April 2018
Kepada Yth,
Bapak Pimpinan PT. Maju Mundur
Jl. Perkutut No. 123 Tegal
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama:Indah Desi
Jabatan:Staff Produksi
bermaksud mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja selama 2 hari, terhitung mulai dari hari ini. Surat izin kerja ini saya perbuat karena saya memiliki urusan mendadak di luar kota yang tidak bisa ditinggalkan.
Atas perhatian baoak, saya ucapkan terimakasih.
Hormat Saya,

Indah Desi

7. Contoh Surat Izin Kerja Beserta Surat Sakit

Banyak perusahaan yang tidak mewajibkan para karyawannya untuk melampirkan surat keterangan sakit dari dokter ketika sedang izin kerja karena sakit. Namun banyak juga perusahaan yang mewajibkan hal tersebut. Jika anda sedang sakit dan tidak bisa masuk kerja, maka sebaiknya lampirkan surat keterangan sakit dari dokter dalam surat izin kerja yang anda kirimkan.
Surabaya, 29 April 2018
Perihal : Surat Permohonan Izin Kerja
Lampiran : 1 Lembar Surat Keterangan Sakit
Kepada Yth,
Bapak HRD PT. Maju Mundur
Di Tempat
Dengan hormat,
Saya Adinda Rini, dengan nomor induk karyawan 8734583756, dengan jabatan sebagai asisten manaje rmarketing, bermaksud untuk meminta izin tidak masuk kerja selama 3 hari, terhitung mulai hari ini.
Surat permohonan izin kerja ini saya kirimkan sesuai dengan keterangan dokter yang saya lampirkan bersama surat ini, bahwa saya harus menjalani rawat inap selama 3 hari di rumah sakit. Adapun rumah sakit tempat saya dirawat adalah Rumah Sakit Adam Malik Surabaya.
Atas perhatian bapak, saya ucapkan terimakasih.
Hormat Saya,

Adinda Rini

8. Contoh Surat Izin Kerja Karyawan

Sebagai seorang karyawan di salah satu perusahaan dan mendaptkan gaji dari sana, maka kita juga tentu memiliki tanggung jawab yang harus kita kerjakan dan penuhi setiap harinya. Namun jika anda berhalangan untuk masuk kerja, maka sebaiknya kirimkanlah surat izin kerja kepada pihak perusahaan, demi menghindari sanksi yang mungkin diberlakukan perusahaan untuk karyawan yang tidak masuk kerja tanpa pemberitahuan.
Wonosobo, 29 April 2018
Hal    : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja
Yang terhormat,
Kepala Bagian Personalia
PT Roda Mas
Jalan Angkatan 45 No 7 Wonosobo
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama:Andi Pramana
Alamat:Jl. Pembangunan No. 123 Wonosobo
Jabatan:Staff Gudang
Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada hari Sabtu, 29 April 2018 saya tidak bisa masuk untuk bekerja seperti biasanya dikarenakan ada kepentingan keluarga yang sangat mendesak. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk memohon izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal tersebut.
Demikian surat izin saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya  ucapkan terima kasih.
Hormat saya,

Andi Pramana

9. Contoh Surat Izin Kerja Karena Sakit

Keadaan sakit merupakan hal yang sangat dibenci oleh setiap orang. Namun jika penyakit sudah datang, maka sebaiknya anda tidak perlu memaksakan diri untuk bekerja, karena tidak akan bisa bekerja dengan maksimal dan berpotensi memperparah penyakit yang anda alami. Anda bisa menggunakan surat izin kerja karena sakit untuk meminta izin dari pihak perusahaan tempat dimana anda bekerja.
Yogyakarta, 29 April 2018
Perihal        : Surat Permohonan Tidak Masuk Kerja
Lampiran    : 1 Lembar
Yang terhormat,
Kepala Bagian Personalia
PT. Jaya Mandiri Sejahtera
Jalan Pegangsaan No 15, Yoyakarta
Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama:Ahmad Subari
Jabatan:Kepala Bagian Keuangan
Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates yang menyatakan bahwa saya harus mendapatkan perawatan rumah sakit selama 4 haru terhitung dari hari ini. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud memohon kebijaksanaan dari bapak/Ibu pemimpin untuk berkenan memberikan izin tidak masuk dalam bertugas selama hari tersebut. Sebagai bukti, saya lampirkan hasil pemeriksaan dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates pada lembar terpisah.
Demikian permohonan izin yang bisa sampaikan, atas perhatian dan kebijaksananyya saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,

Ahmad Subari

10. Contoh Surat Izin Kerja Karena Kepentingan Keluarga

Sebagai karyawan di salah satu perusahaan, maka sudah menjadi kewajiban anda untuk datang bekerja setiap harinya. Namun terkadang ada beberapa keadaan dimana anda tidak bisa masuk kerja, seperti karena ada kepentingan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan. Untuk itu, maka anda bisa mengirimkan surat izin kerja dengan alasan kepentingan keluarga kepada perusahaan tempat anda bekerja.
Balikpapan, 29 April 2018
Hal    : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja
Yang terhormat,
Kepala Bagian Personalia
PT Mata Angin
Jalan Yos Sudarso 13 No 4 Balikpapan
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama:Toni Mahardika
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123 Balikpapan
Jabatan:Staff Administrasi
Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada hari Sabtu, 29 April 2018 saya tidak bisa masuk untuk bekerja seperti biasanya dikarenakan ada kepentingan keluarga yang sangat mendesak. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk memohon izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal tersebut.
Demikian surat izin saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya  ucapkan terima kasih.
Hormat saya,

Toni Mahardika

11. Contoh Surat Izin Kerja Karena Menjalani Rawat Inap

Setiap penyakit yang diderita oleh seseorang tentu memiliki tingkat keseriusan yang berbeda – beda. Ada penyakit yang bisa ditangani dengan cara rawat jalan, namun ada juga yang terpaksa harus menjalani rawat inap. Jika memang anda harus menjalani rawat inap di suatu rumah sakit, maka anda bisa menggunakan alasan tersebut untuk memohon izin dari perusahaan tempat anda bekerja.
Klaten, 29 April 2018
Perihal        : Surat Permohonan Tidak Masuk Kerja
Lampiran    : 1 LembarYang terhormat,
Kepada Yth,
Kepala Bagian Personalia
PT. Gondang
Jalan Solo Km 13 Klaten
Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama:Amanda Sari
Alamat:Jl. Pangeran Diponegoro No. 123, Klaten
Jabatan:Supervisor Marketing
Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Klaten yang menyatakan bahwa saya harus mendapatkan perawatan rumah sakit selama 7 hari terhitung dari hari ini. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud memohon kebijaksanaan dari bapak/Ibu pemimpin untuk berkenan memberikan izin tidak masuk dalam bertugas selama hari tersebut. Sebagai bukti, saya lampirkan hasil pemeriksaan dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Klaten pada lembar terpisah.
Demikian permohonan izin yang bisa sampaikan, atas perhatian dan kebijaksananyya saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya,

Amanda Sari

12. Contoh Surat Izin Kerja Karena Melahirkan

Jika anda seorang perempuan dan baru saja menjalani persalinan anak anda, maka sudah sepantasnya bagi anda untuk meminta izin kerja dari perusahaan tempat anda bekerja maupun dari instansi. Adapun surat izin melahirkan ini juga sering disebut dengan cuti melahirkan.
Jakarta, 29 April 2018
Kepada Yth;
Bapak/Ibu Pimpinan
PT. Merga Sari
di Tempat
Hal : Surat Permohonan Cuti Kerja Melahirkan
Lamp. : –
Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama:Adinda Putri
Jabatan:Staff Pemasaran
Dengan ini Saya mengajukan permohonan cuti melahirkan, adapun waktunya selama kurang lebih Tiga Bulan (3 Bulan), terhitung mulai 29 April sampai dengan 29 Juli 2018.
Demikian surat permohonan ini saya sampaikan, untuk dijadikan sebagai pertimbangan bagi Bapak/ibu pimpinan.
Atas perhatian dan dikabulkannya permohonan ijin saya ini, saya ucapkan banyak terima kasih.
Hormat Saya,

Adinda Putri

13. Contoh Surat Izin Kerja Dengan Alasan Keperluan Keluarga

Dengan mengirimkan surat izin kerja kepada pihak perusahaan tempat anda bekerja, maka berarti anda sudah memiliki alasan yang kuat sehingga anda tidak masuk kerja. Salah satu alasan yang sering digunakan oleh para karyawan adalah karena adanya keperluan keluarga yang harus diselesaikan dan tidak bisa ditunda atau ditinggalkan.
Jakarta, 29 April 2018
Kepada Yth.
Manajer HRD
PT. Maju Terus
di Jakarta Pusat
Perihal: Ijin tidak masuk kerja
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama:Anton Sanjaya
Alamat:Jl. Perjuangan No. 123 Jakarta
Jabatan:Staff IT
bersama surat ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan cuti kerja selama 2 hari terhitung mulai tanggal 29 April 2018 dikarenakan ada keperluan keluarga. Besar harapan saya untuk bisa diberikan ijin.
Demikian surat permohonan ijin saya, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.
Hormat Saya,

Anton Sanjaya

14. Contoh Surat Izin Kerja Karena Sakit Beserta Jenis Penyakit

Kebanyakan orang atau karyawan tidak memberitahukan jenis penyakit yang diderita saat mengirimkan surat permohonan izin kerja karena sakit. Namun sebenarnya hal tersebut malah akan lebih baik jika anda memberitahukan penyakit yang anda derita. Untuk itu, anda bisa mengirimkan surat izin kerja seperti contoh di bawah ini.
Batam, 29 April 2018
Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja
Yang terhormat,
Kepala Bagian Personalia
PT. Nirwana Garden
Jalan Yos sudarso 25 Batam
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama:Andi Pratama
Alamat:Jl. Pertempuran No. 123 Batam
Jabatan:Staff Produksi
Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada hari Sabtu, 29 April 2018 tidak bisa masuk bekerja seperti biasanya dikarenakan SAKIT MAAG . sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk meminta izin tidak masuk kerja selama 3 hari, terhitung mulai tanggal 29 April 2018 sampai dengan 1 Mei 2018. kemudian sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan surat dokter.
Demikian Surat Izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya. atas perhatian dan kbijaksanaannya saya ucapkan banyak terimakasih.
Hormat Saya

Andi Pratama

15. Contoh Surat Izin Kerja Umum

Tidak bisa dipungkiri jika kegunaan dan manfaat surat izin kerja memang sangat bermanfaat untuk anda sendiri maupun untuk pihak perusahaan tempat anda bekerja. Selain untuk menjaga integritas dan loyalitas, surat izin kerja yang anda kirimkan juga berguna untuk menghindarkan anda dari sanksi berat yang mungkin saja akan diberikan oleh pihak perusahaan kepada karywan yang tidak masuk kerja tanpa alasan.
Yogyakarta, 29 April 2018
Hal    : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja
Yang terhormat,
Kepala Bagian Personalia
PT. Angkasa Jaya
Jalan Padi Kapas No. 8 Yogyakarta
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama:Roy Saputra
Alamat:Jl. Kepatihan No. 123. Yogyakarta
Jabatan:Staff Akuntansi
Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada hari Sabtu, 29 April 2018 saya tidak bisa masuk untuk bekerja seperti biasanya dikarenakan ada kepentingan keluarga yang sangat mendesak. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk memohon izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal tersebut.
Demikian surat izin saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya  ucapkan terima kasih.
Hormat saya,

Roy Saputra

Kesimpulan dan Pentingnya Surat Izin Kerja

Mungkin banyak yang berpikir kalau menulis surat izin kerja tidaklah begitu penting. Namun tidak demikian dengan sebenarnya. Bagi anda yang sudah bekerja sebagai seorang karyawan maupun pegawai, tentu sudah mengetahui betapa pentingnya sepucuk contoh surat izin kerja.
Adapun kepentingan surat izin kerja ini bukan hanya untuk anda sendiri, namun juga untuk kepentingan perusahaan. Dengan menulis surat izin kerja, maka anda akan terbebas dari sanksi berat yang mungkin diberikan oleh perusahaan kepada karyawan yang mangkir kerja.
Sementara untuk pihak perusahaan, akan bisa mencari orang atau menunjuk orang yang bisa menggantikan pekerjaan anda dalam jangka waktu tertentu, sewaktu anda tidak bisa masuk kerja. Melihat kegunaan contoh surat izin kerja tersebut, bisa dibayangkan betapa petingnya sepucuk surat kerja, bagi anda maupun bagi pihak perusahaan.

Namun walau memang menulis surat izin kerja sangat mudah, anda tidak bisa izin kerja dengan alasan yang dibuat – buat. Sebagai seorang karyawan atau pegawai yang loyal kepada pekerjaan, sudah tentu akan menghindari hal seperti ini. Ingat anda bekerja, tentu digaji dengan uang dan mendapatkan penghasilan dari sana. Jika anda ketahuan tidak masuk kerja dengan alasan yang dibuat – buat, bukan tidak mungkin kalau anda akan diberikan surat peringatan, atau bahkan surat pemecatan.





Sumber : https://www.suratresmi.id/contoh-surat-izin-kerja/