Subscribe in a reader Seputar Dapodik dan Umum

Cara Aktivasi Akun Pembelajaran belajar.id dari Kemendikbud

 

Cara Aktivasi Akun Pembelajaran belajar.id dari Kemendikbud


Apa sih Akun Pembelajaran? Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 


Akun ini dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik. Detail tentang hal tersebut dapat disimak di web resminya, belajar.id

Berikut SE (Surat Edaran) Sesjen Nomor 37 Tahun 2020 tentang Akun Akses Layanan Pembelajaran bagi Peserta Didik, Pendidik dan Tenaga Kependidikan:

Peluncuran Akun Pembelajaran ini secara resmi dilaksanakan, Jumat (11/12) oleh Kemendikbud bersama dengan Kominfo dan Kemenag. Bisa disimak di Youtube resmi Kemendikbud RI.



Cara Aktivasi Akun Pembelajaran Belajar.id dari Kemendikbud

  1. Dapatkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran dari Operator Satuan Pendidikan di sekolah Anda. Jika OPS belum tahu, informasikan SE (Surat Edaran) Sesjen Nomor 37 Tahun 2020 atau arahkan untuk membuka web belajar.id.
  2. Buka halaman mail.google.com, lalu masukkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang Anda dapatkan
3. Anda akan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun 
    Pembelajaran lalu mengganti akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran Anda. Jangan lupa 
     ingat baik-baik password tersebut, bila perlu CATAT.



4. Selamat! Anda sudah dapat menggunakan Akun Pembelajaran baru Anda

Meskipun akun ini bersifat opsional, sayang jika tidak diaktifkan. Kenapa sayang? Tentunya informasi-informasi resmi, dan akses masuk pasti akan sering menggunakan akun ini, sebut saja Rumah Belajar bisa Sign Up dengna akun belajar ini. Selain itu, karena Akun Pembelajaran ini jenis akun G-Suite, tentunya kapasitas simpannya tidak hanya 15 GB kan?
 

Semoga Bermanfaat...
















Free Download Adobe Reader 11 dan 2019 Windows

Free Download Adobe Reader 11 dan 2019 Windows

Adobe Acrobat Reader DC saat ini telah menjadi aplikasi standard dan wajib untuk diinstall pada komputer. Memiliki kemampuan untuk membuka, print dan search segala konten yang ada di dalam dokumen elektronik format PDF. Integrasinya yang cukup stabil pada berbagai macam program lain, membuat software adobe reader ini menjadi pilihan utama user. Pada artikel ini, kalian bisa unduh adobe reader terbaru untuk windows offline installer.


Baca Juga : 

Bekerja Dengan 2 Monitor dan 1 CPU Komputer

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki user interface yang sangat interaktif dan mudah untuk digunakan. Adobe Reader memang hanya berfungsi untuk melihat isi dokumen PDF saja, jika kalian ingin membuat atau mengedit file PDF silahkan gunakan Adobe Acrobat DC Pro. Namuan perlu diketahui bahwa Adobe Reader DC 2019 ini hanya dapat digunakan untuk windows 7, 8  dan windows 10 yang sudah update terbaru. Kalau kalian masih menggunakan Windows 7 versi lama atau bahkan windows xp, sebaiknya gunakan Adobe Reader 11 yang tersedia juga disini.


Fitur Adobe Acrobat Reader DC 2019 :

  • The most standard software for viewing electronic documents and PDFs
  • View, print and search the content of PDF documents
  • Write, store and share PDF documents
  • Share your screen saver by Acrobat.com services
  • Content experience richer
  • Interactive environment with Adobe Flash technology

System Requirements :

  • 1.5GHz or faster processor
  • Windows 7, Windows 8, or Windows 10
  • 1 GB of RAM
  • 450MB of available hard-disk space

Cara Install Adobe Reader Terbaru :

  1. Download Adobe Reader terbaru
  2. Extract file dengan winrar 
  3. Jalankan setup.exe dan tunggu hingga selesai
  4. Enjoy bro!

Note : Pastikan kalian sudah update Windows ke versi terbaru

Download Adobe Reader Gratis (Offline Installer)


Acrobat Reader DC 2019 | Google Drive

Adobe Reader 11  | Google Drive










Sumber : https://www.yasir252.com/software/download-adobe-reader-terbaru/

Bekerja Dengan 2 Monitor dan 1 CPU Komputer

Bekerja Dengan 2 Monitor dan 1 CPU Komputer

Artikel wikiHow ini akan mengajarkan kepada Anda cara menggunakan dua monitor pada satu komputer desktop yang sama. Anda bisa mengikuti langkah ini pada komputer Windows dan Mac, tetapi Anda membutuhkan komputer dengan kartu grafis yang mendukung tampilan ganda jika menggunakan Windows.


1. Pastikan komputer mendukung monitor ganda. 

Di bagian belakang kotak CPU komputer, Anda bisa melihat setidaknya dua porta horizontal di bagian bawah kotak. Porta-porta tersebut merupakan koneksi kartu grafis komputer yang diperlukan untuk memasang dua monitor.

  • Anda tidak bisa menggunakan koneksi monitor bawaan yang umumnya berupa slot vertikal di bagian tengah kotak CPU untuk mengatur dan memasang dua monitor.
  • Porta vertikal terhubung ke papan induk, sementara porta horizontal tersambung ke kartu grafis.
  • Jika Anda tidak melihat porta yang sesuai pada kotak CPU, Anda perlu memasang kartu grafis sebelum mengatur atau mempersiapkan monitor kedua.

Baca Juga :

Free Download Adobe Reader 11 dan 2019 Windows


2. Tentukan jenis koneksi yang dibutuhkan. 
Perhatikan porta-porta kartu grafis dan masukan pada setiap monitor untuk mengetahui jenis koneksi yang dibutuhkan:
  • DVI – Porta plastik lebar dengan beberapa lubang persegi kecil di dalamnya.
  • VGA – Porta plastik berwarna berbentuk trapesium dengan beberapa lubang jarum.
  • HDMI – Porta kecil dan pipih berbentuk segi enam.
  • DisplayPort – Serupa dengan HDMI, tetapi memiliki sudut yang datar pada salah satu sisinya (bukan simetris). Diperlukan untuk tampilan beresolusi 4K.
  • Thunderbolt – Porta ini ditemukan di bagian belakang sebagian besar monitor iMac dan memiliki ikon petir di bawahnya. Anda bisa menghubungkan adaptor salah satu koneksi video di atas ke porta Thunderbolt (mis. adaptor VGA-to-Thunderbolt).

3. Belilah kabel yang belum tersedia di rumah. 
Jika masukan kartu grafis komputer membutuhkan kabel DisplayPort, misalnya, Anda perlu membelinya untuk kedua monitor.
  • Jika monitor tidak mendukung jenis kabel kartu grafis (mis. DisplayPort), Anda perlu membeli adaptor atau kabel yang memiliki dua koneksi (mis. koneksi DisplayPort pada satu ujung dan koneksi HDMI pada ujung yang lain).


4. Matikan komputer.
 
Akan lebih mudah bagi Anda untuk menghubungkan monitor kedua tanpa mengalami masalah ketika komputer dalam keadaan mati.

5. Hubungkan monitor pertama ke porta kartu grafis pertama. 
Anda mungkin perlu melepaskan kabel monitor dari porta papan induk vertikal yang masih terhubung, dan memasangkannya pada porta kartu grafis horizontal.
  • Jika koneksi papan induk monitor pertama berbeda dari koneksi kartu grafis, Anda perlu menggunakan kabel yang berbeda.

6. Sambungkan monitor kedua. 
Pasang kabel monitor kedua ke porta kartu grafis lain, kemudian hubungkan ujung kabel yang lain pada bagian belakang monitor.

7. Hubungkan monitor kedua ke sumber daya. 
Gunakan kabel daya yang disertakan dalam paket pembelian monitor untuk menghubungkan monitor ke sumber daya (mis. steker paralel atau stopkontak).

8. Nyalakan kembali komputer dan kedua monitor. 
Tekan tombol “On” pada komputer dan setiap monitor.


9. Buka menu “Start” 
Gambar berjudul Windowsstart.png
.
 
Klik logo Windows di pojok kiri bawah layar monitor pertama.

10 Buka “Settings” 
Gambar berjudul Windowssettings.png
.
 
Klik ikon roda gigi di pojok kiri bawah jendela “Start”

11. Klik System. Ikon monitor komputer ini berada pada jendela “Settings”.


12. Klik tab Display. Tab ini berada di pojok kiri atas jendela.


13. Klik kotak drop-down "Multiple displays". 
Kotak ini berada di bagian bawah jendela. Menu drop-down akan ditampilkan.
  • Anda mungkin perlu menggeser layar untuk menemukan opsi ini.

14. Pilih opsi tampilan. 
Pada menu drop-down, klik salah satu pilihan berikut:
  • Duplicate these displays” – Pilihan ini “menyalin” tampilan monitor pertama pada monitor kedua.
  • Extend these displays” – Opsi ini memperluas tampilan monitor pertama ke monitor kedua.
  • Show only on 1” – Pilihan ini hanya menampilkan konten komputer pada monitor pertama.
  • Show only on 2” – Pilihan ini hanya menampilkan konten komputer pada monitor kedua.

15. Klik Apply. Tombol ini berada di bawah opsi tampilan terpilih. Monitor kedua kemudian akan menampilkan sebagian atau seluruh konten pada monitor pertama, tergantung kepada opsi tampilan yang Anda pilih.

16. Klik Keep changes ketika diminta. Pengaturan akan disimpan setelahnya. Sekarang Anda bisa menggunakan monitor kedua bersama monitor pertama.

Tips

  • Sebagian besar laptop mendukung koneksi HDMI (Windows), USB-C (Windows), dan/atau Thunderbolt. Untuk menghubungkan monitor kedua ke laptop, Anda hanya perlu memasang kabel monitor kedua pada porta keluaran video laptop. Setelah itu, Anda bisa mengatur atau mempersiapkan monitor kedua, seperti halnya pada komputer desktop.

Peringatan

  • Jika monitor kedua memiliki resolusi yang jauh lebih tinggi daripada monitor pertama, Anda mungkin melihat pemotongan grafis atau masalah lain saat beralih dari satu monitor ke monitor lain. Jika memungkinkan, ada baiknya Anda membeli monitor kedua yang cocok dengan resolusi monitor pertama.


Demikian, Semoga Bermanfaat...

Vervalpdnew2 Link Perbaikan data siswa Tahun 2021

Vervalpdnew2 Link Perbaikan data siswa Tahun 2021





Sebagaimana telah kita ketahui bersama salah satu tugas dari sekian banyak tugas Seorang Operator Sekolah ialah memvalidkan data peserta didik. 

Nah, Melalui Situs vervalpd inilah perbaikan data siswa diproses. Adapun beberapa data yang biasa diperbaiki melalui portal vervalpd terdiri dari Nama siswa. Tempat Tanggal lahir, NISN, Nama orangtua dan NIK.

Baca Juga :

RPP 1 Lembar IPS K13 Kelas 8 Tingkat SMP Semester 2

Sedangkan data lainnya bila ada kesalahan bisa langsung diubah melalui aplikasi dapodik lokal. 

Hasil perbaikan di kirimkan ke server dapodik pusat melalui menu sinkronisasi. Informasi terkini yang tampil setelah anda berhasil masuk ke halaman verval pd yakni "Untuk data peserta didik akan disesuaikan dengan Semester Genap Tahun Ajaran 2021. 

Pastikan sekolah sudah melakukan sinkronisasi sehingga data Peserta Didik dapat muncul di laman Verval PD.

Baca juga : 

Rilis Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2021.d


Dan info yang tak kalah penting dari tim pengembang aplikasi dapodik  bisa teman teman baca melalui chanel instagrammnya terkait dengan verval pd. 

Jadi Data identitas peserta didik yang invalid pada aplikasi dapodik  dapat dilakukan perbaikan di verval peserta didik. 

Verval peserta didik akan menampikan data sebelumnya. vervalpd new Menu-menu pada laman verval pd new tetap sama namun tampilan dan proses perubahan/perbaikan data siswa berbeda dari sebelumnya.

 Insya allah pada postingan ini  akan berbagi informasi tentang fungsi-fungsi dari menu yang ada pada situs verval pd kemendikbud tersebut Mari berkenalan dengan situs verval pd tahun 2021 dengan tampilan dan menu barunya berikut akan  bagikan sebagai pengetahuan baru khususnya untuk saya pribadi Login vervalpd Bagi rekan-rekan oeprator sekolah yang ingin login portal verval pd yang baru untuk perbaikan data siswa silahkan menuju alamat berikut:

 https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id/.

atau

https://sso.data.kemdikbud.go.id/sys/login?appKey=348310F2-0262-4F5D-B7D1-41F92ECDCA93


Langkah berikutnya rekan-rekan klik tombol LOG IN di pojok kanan atas, maka akan tampil form pengisian username dan password login :



Menu pada verval pd new tahun 2021 terbagi dua. Yaitu data dan pengelolaan. berikut ini penjelasan singkatnya. 

Beranda verval PD 

Di Laman awal verval pd menampilkan diagram residu yaitu data valid dan data yang membutuhkan perbaikan atau verval. Selain itu juga menampilkan jumlah pengajuan perubahan data dan Jumlah peserta didik berdasarkan jenis kelamin dan tingkat. 



Data Peserta didik 

Pada menu peserta didik menampilkan jumlah seluruh peserta didik di sekolah anda. 

Jika jumlah peserta didik pada aplikasi dapodik dan situs verval pd berbeda segera lakukan perbaikan dengan melakukan sinkron aplikasi dapodik sekolah anda. 



Residu 

Menu ini berisi daftar siswa yang perlu dilakukan perbaikan data mulai dari Identitas maupun NISN siswa. 

Data yang memerlukan validasi ditandai dengan silang merah seperti penampakkan dibawah ini. 




Cara Edit NISN

Pada menu pengelolaan inilah operator sekolah bisa memperbaiki data siswa yang salah. Misalnya edit NISN dan Identitas siswa. 

Berikut adalah panduan singkat cara edit nisn pada laman verval pd yang baru. Misal kasusnya adalah NISN Dipakai oleh lebih dari 1 orang. 

Klik menu EDIT NISN. pada form daftar siswa, ketikkan nama siswa yang akan diperbaiki. Pada form Formulir perubahan input NISN Siswa yang aktif, lalu klik tombol "CEK DATA MASTER" Lihat gambar dibawah. 



Langkah berikutnya silahkan anda Upload Dokumen Pendukung (Ijasah atau Print Screen NISN) dalam format JPG, JPEG atau PNG. Canya klik tombol Browse dan klik UPDATE DATA. 

Tunggu sampai admin pdspk mengaprove perubahan NISN Siswa anda. 

Kemudian jika telah di aprove lakukan sinkronisasi aplikasi dapodik agar data siswa berubah. 

Cara Edit Identitas Siswa 

Misalnya kasus siswa anda adalah NIK dipakai oleh lebih dari 1 Orang. 

Caranya klik menu "Edit Identitas" pilih siswa, ganti NIK siswa yang benar di dalam form NIK baru yang tersedia. Selanjutnya klik tombol "VALIDASI DATA" Seperti dibawah ini. 



Langkah berikutnya silahkan anda Upload Dokumen Pendukung (Akte Kelahiran atau Kartu Keluarga) dalam format JPG, JPEG atau PNG. Canya klik tombol Browse dan klik UPDATE DATA. 

Panduan VervalPdnew2 Klik Disini


CATATAN 

1. Tabel Pengajuan edit NISN dan Identitas berfungsi untuk melihat status data telah disetujui atau di tolak oleh admin pusat. Pada menu keterangan menampilkan alasan penolakan. 

2. Dapodik hubungannya sangat erat dengan vervalpd. mengapa? karena dari data Peserta didik yang di entri operator ke dalam aplikasi dapodik inilah yang diambil untuk memverikasi dan validasi data peserta didik. 


Jadi, bila data di dapodik salah, maka di vervalpd datanya dipastikan juga salah. Walaupun demikian, Data awal siswa dimulai dari jenjang paling rendah. Misal kesalahan data NISN atau nama peserta didik pada jenjang SMP sumbernya adalah data dari Dapodik SD.  

Mudah-mudahan ini bermanfaat, selamat bekerja. Salam Satu Data...












diambil dari : https://www.guru-id.com/2016/08/cara-verval-nisn-peserta-didik-tahun.html

Dengan Sedikit Perubahan