Subscribe in a reader Seputar Dapodik dan Umum

Cara Verval Ponsel Peserta Didik dan Guru di Halaman Vervalponsel

Cara Verval Ponsel Peserta Didik dan Guru di Halaman Vervalponsel


Kabar terdahulu, mungkin para operator dapodik semua sudah mengetahui bahwa akan diberikan kuota internet bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Dimana bagi operator dapodik khususnya harus menginput data nomor HP dulu di dalam aplikasi dapodik yang tenggat waktunya dibatasi hingga tanggal 11 September 2020. Setelah operator menginput data lalu melakukan sinkronisasi. Hal selanjutnya adalah melakukan verifikasi dan validasi nomor ponsel seperti dalam surat edaran dibawah ini.

Pusat Data dan Teknologi Informasi  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan aplikasi terbaru yakni Verval Ponsel peserta Didik. Hal ini seperti tertuang dalam surat nomor 4239/J1/KP/2020 tertanggal 1 September 2020 tentang pemberitahuan verifikasi dan validasi data nomor ponsel.

Menindaklanjuti Surat edaran Dirjen PAUD Dikdasmen Kemdikbud nomor 8202/PD/2020 tentang program pemberian kuota internet bagi peserta didik serta menunjang pelaksanaan pembelajaran daring serta implementasi SKB 4 menteri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran tahun ajaran 2020/2021 di masa pandemi Covid-19, Kemdikbud akan memberikan bantuan kuota bagi seluruh peserta didik yang belum mendapatkan bantuan program PKH atau PIP dari pemerintah.


Adapun sumber data ponsel pserta didik yang akan diberikan bantuan kuota berasal dari aplikasi Dapodik TP 2020/2021. Akan tetapi agar bantuan yang dberikan tetap sasaran, maka pusat data dan teknologi informasi (Pusdatin) kemdikbud bersama dina Pendidikan dan Kabupaten Kota propinsi perlu melakukan verifikasi dan validasi nomor ponsel yang digunakan oleh masing-masing Peserta Didik. Adapun verval data nomor ponsel tersebut bisa diakses di laman terbaru yakni di https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon bantuan saudara untuk menginformasikan proses verval nomor HP tersebut keseluruh satuan pendidikan yang berada di bawah pembinaan saudara. Diharapkan sekolah dapat menandatangani Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) bermeterai Rp 6.000,- dan operator dinas memastikan kelengkapan SPTJM yang ditandatangani Kepala Sekolah sebagai persetujuan melalui mekanisme sistem di laman https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/.

Nah bagi operator dapodik, dipersilakan. hehehe

Cara Verval Nomor HP Peserta Didik


Operator masuk ke laman https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/ lalu klik login di sudut kanan atas . Silakan masukkan email dan password untuk login di verval PD. gunakan email dan password dapodik. Kalau tidak bisa gunakan email dan password dapodik sebelumnya. Jika masih gagal, operator sekolah dipersilakan mendaftar kembali di website sdm data kemdikbud atau di link https://sdm.data.kemdikbud.go.id/ atau https://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai/operatorbaru

Baca Juga :

Cara Cek Info GTK Periode Juli Desember 2020


Jika sudah berhasil login akan muncul tampilan

cara melakukan verval ponsel di verval pd new
verval ponsel PD
Ada 4 menu utama yakni Pengajuan, SPTJM, Panduan dan Pengguna.
Pengajuan berfungsi untuk verifikasi nomor Ponsel peserta didik,
Menu SPTJM untuk membuat SPTJM atau Surat Pertanggung Jawaban Mutlak yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah.

Menu Panduan untuk mengunduh/melihat panduan atau tata cara verval Ponsel
Menu Pengguna untuk Keluar Aplikasi.


Untuk menu pengajuan digunakan untuk verifikasi nomor Ponsel peserta didik.

Klik icon pensil yg warna biru di salah satu siswa, jika kursor diarahkan akan muncul kata "perbaiki". Perbaiki disini jika nomor ponsel dianggap salah, kemungkinan operator salah input di aplikasi dapodik. kemudian pilih kepemilikan nomor ponsel apakah milik siswa, orangtua dll. Klik Simpan.
Akan muncul seperti gambar di bawah:

cara melakukan verval ponsel di verval pd new


Penyebab data atau nama siswa tidak muncul di verval Ponsel:


1. Siswa yang berasal dari TK/PAUD ini disebabkan instansi sekolah yang bersangkutan belum melakukan sinkronisasi sehingga datanya berganda. Hal ini bisa di cek di laman verval PD https://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/. Jika TK/PAUD yang bersangkutan sudah sinkron maka otomatis muncul di laman verval Ponsel.

2. Siswa berganda dengan sekolah lain.
Penyebab lain tidak munculnya nama siswa di verval ponsel adalah data siswa berganda dengan sekolah lain. Hal ini juga bisa dicek di menu residu laman vervalpd.

Cara Verval Nomor Ponsel Guru


Seperti diketahui tidak hanya siswa yang mendapatkan kuota kemdikbud ini, namun juga diberikan untuk guru. Kalau melihat data yang ada, nama guru yang belum / tidak memiliki NUPTK tidak muncul, namun ini hanya sementara karena nanti guru yang belum memiliki NUPTK akan muncul.

Proses verval nomor HP guru ini sama saja dengan verval ponsel nomor peserta didik. Namun kendala saat ini adalah susahnya akses login di web verval tersebut serta padatnya traffic kunjungan ke web tersebut sehingga loading menjadi lambat.

Update, Data No HP Pendidik saat ini sudah terverifikasi otomoatis oleh sistem yang ditandai dengan dua panah kecil mendatar.



Penjelasan SubMenu Verval Ponsel.

Rangkuman adalah jumlah guru dan siswa yang ada di verval ponsel.
Pendidik, disini akan muncul nama-nama guru yang bisa diverval nomor HP nya
Peserta Didik, berisi nama-nama siswa, jangan kuatir jika nama siswa dan jumlah siswa tidak muncul sesuai di dapodik, kita tunggu beberapa hari terakhir update datanya
Residu provider, maksudnya adalah nomor ponsels yang terdapat di verval tersebut tidak aktif lagi atau bisa jadi operator salah menginput di dapodik, silakan perbaiki nomor HP nya jika terdapat data di residu ini.

Membuat SPTJM verval Ponsel

Update:

Link untuk mebuat SPTJM silakan klik https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/sptjm/index.php/Csptjm
Jika membaca surat yang ada, sekolah diwajibkan membuat SPTJM, namun saat admin mencoba membuat SPTJM, menu tersebut tidak berfungsi. Artinya saat admin mengklik Buat SPTJM muncul tulisan SPTJM gagal dibuat. Dilihat dari sini, Pusdatin kemdikbud belum siap, surat sudah diedarkan, namun aplikasi masih belum berfungsi dengan baik. Saat menyimpan pun gagal.

Oke sampai disini dulu ya. Nanti kita sambung lagi jika aplikasi verval ponsel ini sudah berjalan dengan baik.

Update Berita


Saat ini memang masih terjadi kendala pada system dalam vervalponsel, Jadi harus lebih bersabar lagi bagi para pejuang pendataan.

Kunci sukses pendataan nomor ponsel siswa dimulai dari Dapodik, selanjutnya vervalponsel hanya berfungsi untuk :

1. Memperbaiki nomor ponsel yang salah saat pengisian di aplikasi Dapodik,
2. Mengisi nomor ponsel yang masih kosong,
3. Mengisikan kepemilikan,


Semoga bisa di lakukan kerja tim di sekolah dalam rangka mempercepat proses pendataan nomor ponsel tersebut.

Update terbaru  Hasil Sosialisasi Verval Ponsel


Sosialisasi Verval Ponsel
Pemberian Kuota kepada peserta didik harus memenuhi 5 K:
1.    Kepastian sebagai Peserta Didik/ Guru aktif, terdaftar di dapodik sekolah induk
2.    Kepastian Data unik dan tunggal (1 NISN, 1 orang dan 1 satuan pendidikan)
3.    Kepastian nomor ponsel (kepemilikan)
4.    Kepastian aktif/tidak aktif nomor ponsel yang didaftarkan
5.    Kepastian Persetujuan Kepala Sekolah (SPJTM ditandatangani KS dan bermaterai 6000)
Provider yang digandeng : Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren dan 3.

Paket kuota yang akan didapatkan adalah langsung kuota data dan bukan pulsa agar tidak diperjualbelikan atau dipaki untuk keperluan selain pembelajaran. RinciannyaSiswa 35 GB, Guru 42 GB dan Mahasiswa/Dosen 50 GB.

Alur Data pemberian kuota:
1.    Perbaikan data ponsel yang bisa dilakukan melalui Dapodik (sebelum tanggal 11 September) dan melalui verval ponsel (setelah tanggal 11 September)
2.    Validasi Nomor ponsel, bertujuan mendeteksi nomor pondsel apakah sesuai dengan kelima provider atau tidak. Apabila tidak maka harus dilakukan perbaikan.
3.    Nomor ponsel yang sudah melalui verval akan dikirim ke provider untuk dilakukan pengecekan, apakah nomor aktif, tidak aktif atau pasca bayar.
4.    Nomor ponsel yang tidak aktif akan dikembalikan ke PUSDATIN
5.    Diperoleh data yang valid adalah data yang aktif atau pasca bayar
6.    Cetak SPJTM
7.    SPJTM dan data nomor siswa valid dikirim kembali ke provider untuk dilakukan injeksi kuota(berhasil atau tidak)

Satu kali peroide pengiriman kuota (satu bulan), bisa melakukan beberapa kali cetak SPJTM.
Pastikan jumlah siswa dan jumlah guru sesuai, baru ditandatangani Kepala Sekolah dan bermaterai.
SPJTM yang sudah ditandatangani selanjutnya diupload ke web. Upload SPJTM dilakukan sebanyak jumlah SPJTM yang dicetak, dengan memperhatikan nomor SPJTM dan terakhir mengecek tanggal upload SPJM apakah berhasil atau tidak.

Untuk Guru syaratnya harus aktif di sekolah induk pada semester ini dan jenis PTK adalah Guru atau Kepala Sekolah. NUPTK bukan syarat utama.

Rangkuman dari hasil Vicon dengan Pusdatin tentang VERVALPONSEL  :

1. Verval ponsel adalah program yang diberikan kemendikbud untuk membantu guru dan peserta didik mendapat bantuan kuota untuk proses pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi covid 19

2. Aplikasi verval ponsel hanya bisa diakses oleh sekolah , pusdatin dan provider . Dinas pendidikan tidak melakukan aproving atau persetujuan. Jadi seluruh pengisian menjadi tanggung jawab pihak sekolah , Dinas pendidikan hanya bisa melihat progres pengisian data sekolah, tanpa melakukan intervensi apapun.

3. Pengisian data ponsel di dapodik bisa dilakukan sampai dengan tanggal 11 September 2020 , jika melebihi tanggal tersebut maka hanya bisa diperbaiki di verval ponsel sampai tanggal 15 September 2020. Untuk tahapan 1 atau 2, Sampai saat ini masih mengacu bahwa data harus sudah masuk pada Tahap 1 tgl 15 September 2020, dan belum ada konfirmasi tentang perpanjangan masa waktu penginputan.

4. Bantuan kuota internet diberikan kepada jenjang  SD,SMP, SMA,SMK, dan PKBM yang menyelenggarakan Paket A,B,C setara SD/SMP/SMA/SMK

5. Ada 6 provider yang sudah bekerjasama dengan Kemendikbud, yaitu Telkomsel, Indosat, XL, Smart Fren, Axis dan Tri . Untuk provider yang membagi-bagikan kartu perdana, Kemendikbud ataupun Dinas Pendidikan menyerahkan semuanya ke sekolah dan orang tua, apakah digunakan atau tidak, tidak ada keharusan atau paksaan menggunakan salah satu provider.

6. Residu Provider adalah residu nomor ponsel yang sudah diverifikasi oleh provider tetapi data nomor tersebut tidak ditemukan atau tidak aktif menurut provider. Solusi nya adalah mengganti nomor ponsel tersebut. Termasuk juga nomor ponsel yang kosong harus diisi ulang di verval ponsel karena diindikasikan nomor tersebut tidak valid.

7. Selisih jumlah siswa antara di dapodik adalah yang masuk NISN invalid ataupun NISN  kosong, untuk perbaikannya dicek  di vervalPD.

8. Siswa yang mendapat bantuan adalah siswa dengan NISN VALID. Untuk siswa dengan NISN GANDA atau belum mempunyai NISN, maka tidak mendapat bantuan. Guru yang mendapat bantuan adalah guru yang sudah mengajar di sekolah induk, masuk rombel dan aktif di pembelajaran. Jika belum sesuai, pastikan sudah diinduk dan mengisi pembelajaran.

9. Permasalahan NISN Ganda solusinya :
• Lihat profil peserta didiknya lewat verval PD
• Pilih tab quality control
• Cek status NISN, didalam status sudah terlihat siswa tersebut ganda dengan siapa
• Jika ganda dengan orang yang sama maka wajib dikeluarkan untuk record siswa yang memang siswa tersebut sudah tidak berada disana
• Jika ganda dengan madrasah silahkan koordinasi ke operator kanwil kemenag di masing-masing daerah
• Jika ganda antar daerah bisa berkoordinasi dengan Operator Dinas daerah terkait
• Jika ganda berbeda orang, pastikan mana siswa yang memang memiliki NISN tersebut, untuk siswa yang satunya bisa dicek apakah siswa tersebut sebelumnya memiliki NISN atau belum, jika belum maka akan diterbitkan NISN baru
• Jika ganda dengan siswa tidak aktif, maka akan dilakukan merger
• Untuk siswa yang belum memiliki NISN, maka pastikan pengisian data siswa sudah benar, yaitu nama, tempat ,tanggal lahir, dan nama ibu kandung sudah sesuai dengan dokumen data di Dukcapil.
• Data perbaikan NISN yang sudah benar di verval pd akan mengalir ke verval ponsel dalam waktu 1X24 jam.
10. Mengenai SPTJM, jika data tersebut belum diajukan SPTJM maka data tersebut  masih bisa  diperbaiki. Untuk data yang valid bisa diajukan SPTJM. SPTJM di tandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi materai 6000. Data ponsel yang sudah disampaikan di SPTJM sudah dikunci dan sudah tidak bisa diperbaiki. Jika ada kesalahan maka sepenuhnya adalah tanggungan sekolah. SPTJM bisa dilakukan bergelombang. Data  yang sudah valid sudah bisa diusulkan SPTJM tanpa harus menunggu data guru dan siswa seluruhnya valid.
11. Masih terus dilakukan pengoptimalisasi server vervalponsel, jadi mohon kesabaran bapak/ibu operator jika masih banyak kendala di server.





























Cara Cek Info GTK Periode Juli Desember 2020

 Cara Cek Info GTK Periode Juli Desember 2020

Salam semangat buat Pendidik, Tenaga Kependidikan dan rekan Operator Dapodik  PAUD-DIKMAS dan DIKDASMEN. Akhirnya, aplikasi untuk Cek Validasi Data para Pendidik dan Tenaga Kependidikan khususnya bagi PTK yang sudah sertifikasi dan menerima Tunjangan Profesi Guru (TPG) sudah rilis yaitu Aplikasi Info GTK v.2020.2.0.

Aplikasi Info GTK v.2020.2.0 ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk Cek Validasi Data PTK untuk periode Juli-Desember 2020 Tahun Ajaran 2020/2021.


Aplikasi Info GTK v.2020.2.0 ini memiliki tampilan yang lebih bagus, pastinya pemerintah setiap semester akan melakukan upgrade aplikasi tersebut. Yang perlu diketahui, untuk akses Info GTK 2020 harus menggunakan Akun PTK yang telah diverifikasi.  

Gambar. Tampilan Info GTK Versi 2020.2.0 Tahun Ajaran 2020/2021


Oleh karena itu, bagi rekan sekalian yang belum melakukan Verifikasi Akun PTK agar bisa akses Info GTK 2020, silahkan Verifikasi Akun PTK terlebih dahulu melalui :

Berikut ini informasi cara cek akun PTK sudah berhasil verifikasi atau belum. 

1. Silahkan akses link berikut ini :  https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/

Masuk di halaman login PTK Datadik, silahkan isikan username dan password PTK yang sudah di input oleh operator sekolah di dapodik ataupun manajemen sekolah. 

Gambar. Login Akun PTK


 2. Setelah berhasil login, masuk di halaman Data PTK seperti gambar dibawah ini dan silahkan klik pada menu Biodata > Akun

Di halaman Akun Biodata PTK di bagian Status Verifikasi kita bisa cek langsung apabila telah melakukan verifikasi akun maka Status Verifikasi = Sudah dan sebaliknya.



 Apabila Status Verifikasi "Sudah", silahkan rekan sekalian Cek Info GTK 2020. 

Berikut ini Cara Cepat dan Mudah Cek Info GTK 2020/2021 :

1. Silahkan akses halaman Info GTK, berikut ini link akses Info GTK :

Masuk di halaman Login INFO GTK Periode Juli-Desember 2020, terdapat dua tombol Login yaitu "Login Langsung Ke GTK" dan "Login Menggunakan SSO". 

Admin sarankan bagi yang sudah memiliki Akun PTK yang sudah verifikasi, silahkan klik pada tombol Login Langsung Ke GTK.
Gambar. Halaman Login Info GTK 2020/2021

2. Selanjutnya masuk di halaman Login Pengguna Dapodik seperti gambar dibawah ini. Silahkan isikan :
Account PTK pada Dapodik = email PTK aktif ;
Password PTK pada Dapodik = password email PTK aktif ; dan 
- Kode Captcha

Selanjutnya klik tombol Login.
3. Apabila berhasil login, maka akan masuk di halaman Lembar Info GTK seperti gambar dibawah ini. Untuk saat ini, status validasi dalam uji coba validasi. Artinya, rekan sekalian akan menemukan data rekan belum Valid dan tidak usah panik. 


Di halaman Lembar Info GTK saat ini juga berbeda dengan halaman lembar Info GTK di semester lalu. Pastinya, lebih keren dan enak di pandang.



Demikianlah cara cek info gtk 2020/2021, cepat dan mudah bukan? kuncinya pastikan Akun PTK sudah Verifikasi. Bagi yang belum segera lakukan Verifikasi Akun PTK. Semoga informasi diatas bermanfaat buat semuanya, salam semangat dan salam satu data.








































source : https://secercahilmu25.blogspot.com/2020/09/cara-cek-info-gtk-periode-juli-desember.html

Fitur Sinkronisasi dan Tarik Data Dapodik 2021

Fitur Sinkronisasi dan Tarik Data Dapodik 2021

Kenapa saat melakukan sinkronisasi muncul tabel proses tarik data di dapodik 2021?

Pada panduan aplikasi dapodik versi 2021 dijelaskan adanya penambahan fitur tarik data pada proses sinkronisasi guna menurunkan semua perubahan yang terjadi hanya pada data yang berada di Server. Jadi tarik data sederhananya mengambil data hasil perubahan melalui aplikasi verval maupun penambahan referensi baik pada peserta didik, PTK maupun yang lainnya.




Pada Aplikasi Dapodik versi 2021, terdapat penambahan pilihan proses pengiriman data. Selain metode sinkronisasi juga terdapat metode tarik data.


Perbedaannya adalah:
Tarik data: proses pengiriman data satu arah dimana hanya akan menurunkan data yang mengalami perubahan yang terdapat di server saja. Proses ini tidak akan mengirimkan data yang mengalami perubahan di lokal (Aplikasi Dapodik) ke server. Data invalid yang terdapat di validasi lokal tidak akan berpengaruh terhadap proses tarik data ini.

Sinkronisasi: proses pengiriman data dua arah yang akan menurunkan data yang mengalami perubahan di server dan akan mengirimkan data yang mengalami perubahan di lokal ke server. Jika ada data yang invalid saat validasi lokal, proses sinkronisasi tidak dapat dilanjutkan.
Untuk melakukan tarik data, pastikan peran pengguna yang dipilih ada kepala sekolah. Jika ditemukan ada data yang invalid dan warning, sistem akan otomatis mendeteksi proses tarik data. Klik tombol Ya untuk melanjutkan.

Selanjutnya akan tampil laman tarik data. Klik tombol Tarik Data untuk melanjutkan proses ini. Jika sukses, akan tampil progres tarik data ini di atas jendela dengan keterangan tombol Sedang Proses.

Jika proses tarik data sudah selesai, akan tampil waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses tarik data tersebut. Contoh tampilannya sebagai berikut di bawah. Setelah itu akan tampil tabel data yang mengalami perubahan dari server ke lokal (Aplikasi Dapodik).

Sebenarnya Anda masih bisa melakukan sinkronisasi data meskipun masih terdapat data yang warning maupun akun kepala sekolah belum terverifikasi. Sinkronisasi tidak bisa dilakukan apabila masih terdapat data yang invalid.

Ada salah satu masalah yang muncul seperti berikut. Saya sudah melakukan validasi dan dinyatakan valid semua tetapi saat melakukan sinkronisasi yang muncul malah tarik data.

Marilah kita coba dengan trik berikut. Kita lakukan periodesasi pada data sarpras. Langkahnya :
👉Buka menu sarpras pilih tanah dan bangunan ⇉ Pada jenis prasarana tanah klik dan pilih menu aksi kemudian salin data periodik.
👉Pada jenis prasarana klik dan pilih menu kondisi kemudian simpan dan tutup (jika tidak diisi) kalau menghendaki diisi silahkan isi dulu.
👉Pada menu ruang lakukan input kondisi ruang, simpan dan tutup (jika tidak diisi)  kalau menghendaki diisi silahkan isi dulu.
👉 Lakukan hal yang sama pada ruang yang lainnya.
👉 lakukan vaidasi dengan cara tukar akun pengguna dan sinkronisasi

Semoga membantu.







































Sumber : https://www.ibadjournals.com/2020/07/fitur-sinkronisasi-dan-tarik-data.html