Subscribe in a reader Seputar Dapodik dan Umum

RPP SMP 1 Lembar Matematika Kelas 7 Semester 1 Revisi 2020

RPP SMP 1 Lembar Matematika Kelas 7 Semester 1 Revisi 2020



RPP 1 Lembar Matematika Kelas 7 SMP/MTs, RPP 1 Lembar merupakan RPP yang disederhanakan merupakan implementasi dari surat edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP, Surat edaran tersebut berisi pernyataan bahwa pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan 3 prinsip, yakni Efisien, Efektif dan berorientasi pada siswa. RPP K13 1 Lembar Mapel Matematika kelas 7 SMP/Mts terbaru memiliki komponen utama Tujuan Pembelajaran, Langkah-langkah Pembelajaran, dan Penilaian Pembelajaran.

Penggunaan RPP disamping sebagai penunjang profesionalisme guru saat melaksanakan kegiatan belajar di kelas, namun lebih pemandu kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dalam setiap mapel sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut dapat tercapai sesuai dengan kurikulum k13 yang telah diterapkan oleh pemerintah.

Pada materi RPP K13 1 Lembar Matematika kelas 7 SMP/MTs kali ini, para pendidik dapat segera menyiapkan Rencana Pembelajaran dan mengetahui langkah-langkah apa yang harus dilaksanakan dalam kegiatan kelas. Dan menurut kami dengan RPP untuk SMP/MTs yang disederhanakan menjadi 1 Lembar ini, tugas para pendidik akan lebih ringan khususnya dalam hal persiapan administrasi pembelajaran sehingga guru atau pendidik dapat melaksanakan kegiatan lain misalnya memperluas wawasan materi yang akan diajarkan kepada siswanya daripada setiap harinya hanya dibebankan dengan administrasi pelaksanaan pembelajaran seperti tahun-tahun sebelumnya.

RPP 1 Lembar Matematika Kelas 7 SMP/MTs yang akan kami bagikan kepada para pendidik ini adalah sebagai contoh RPP yang akan digunakan dalam rangka mengajar pada setiap kelasnya, jika masih terdapat kekurangan maka dapat dikembangkan sesuai kebutuhan para guru.

Contoh RPP 1 Lembar Matematika Kelas 7 SMP/MTs baru tersedia untuk semester 1 atau semester ganjil yang akan dijalani selama 6 bulan kedepan. Sedangkan untuk semester Genap akan segera kami share jika telah tersedia.

RRP lengkap Matematika  1 Lembar kelas 7 SMP/MTs berisi mata pelajaran umum yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKN, PJOK, Bahasa Inggris, dan Seni Budaya.

Dibawah ini Link unduh RPP 1 Lembar Mapel Matematika SMP/MTs Mapel Umum Lengkap

Dapatkan RPP 1 Lembar lainnya untuk kelas 7 SMP/MTs Mapel Umum Lengkap




Demikian Semoga Bermanfaat...







































Cara Verifikasi Akun Dapodik 2021 Agar Bisa Digunakan

Cara Verifikasi Akun Dapodik 2021 Agar Bisa Digunakan

Infokarwek.com Inilah Cara verifikasi akun Dapodik 2021 yang harus dilakukan agar akun Dapodik 2021 bisa digunakan oleh Operator Dapodik
Sebelum bisa menggunakan Aplikasi Dapodik 2021, Operator Dapodik harus melakukan instalasi Aplikasi Dapodik 2021.
Proses instalasi Aplikasi Dapodik 2021 juga sangat mudah dan gampang untuk dilakukan. Langkah yang harus anda lakukan yaitu sebagai berikut :

Cara Instal Dapodik 2021 Offline Terbaru Juli 2020

Download aplikasi Dapodik 2021 Disini

Buka folder tempat menyimpan file Dapodik 2021 yang baru saja di download
Klik 2x pada aplikasi Dapodik 2021
Ikuti Proses yang diminta saat instal Dapodik 2021
Dengan mengikuti semua langkah yang telah diberikan diatas, Anda sebagai Operator Dapodik dimasing-masing sekolah akan mulai bisa menggunakan Aplikasi Dapodik 2021 ini.
Lalu langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan registrasi Aplikasi Dapodik 2021 secara Online

Baca Juga :

Fitur Sinkronisasi dan Tarik Data Dapodik 2021

Cara Instal Dapodik 2021 Online

1. Buka Browser dan alamat web : http://localhost:5774/registrasi
2. Isi kode registrasi dan data yang diminta
3. Kode registrasi diambil di : sso.data.kemdikbud.go.id
4. Isi semua data yang diminta
5. Selesai
Cara mendapatkan kode Registrasi dan Akun Petugas Dapodik yaitu harus melalui Admin Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota bagi Jenjang PAUD-Dikmas/SD/SMP
Sedangkan untuk Jenjang SLB/SMA/SMK untuk bisa mendapatkan kode registrasi dan akun Petugas Dapodik harus melalui Admin Dinas Pendidikan Provinsi jenjang SLB/SMA/SMK.

Berikut ini JakartaStudio.com berikan informasi Cara Verifikasi Akun Dapodik 2021 yang bisa dilakukan oleh Operator Dapodik :

Cara Verifikasi Akun Dapodik 2021

1. Kunjungi laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/
2. Log in menggunakan email dan password Dapodik Anda
3. Buka menu Biodata kemudian tekan menu Akun
4. Pastikan username (email aktif)
5. Tekan tombol Verifikasi Sekarang
6. Jika tidak aktif ganti dengan email yang aktif dikolom email Tekan Lanjut
7. Buka alamat email Anda
8. Catat Kode Verifikasi
9. Masukan kode verifikasi
10. Tekan simpan
Demikianlah langkah mudah yang bisa diikuti oleh Operator Dapodik tentang bagaimana Cara Verifikasi Akun Dapodik 2021 terbaru saat ini.
Bagi Operator yang sudah mencoba Cara Verifikasi Akun Dapodik 2021 diatas, tetapi masih mengalami masalah akun tidak terverifikasi di dapodik 2021 bisa mengikuti langkah berikut ini.

Cara Mengatasi Akun Tidak Terverifikasi Di Dapodik 2021
1. Buka website Dapodikdasmen > https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
2. Pilih Login > Manajemen Sekolah
3. Pilih > Login > Menggunakan SSO
4. Pilih menu akun dan gunakan email yang aktif
5. Setelah berhasil login klik > Verifikasi Akun
6. Buka email yang dipakai dan cek kode verifikasi
7. Ketik ulang kode verifikasi
8. Klik > Lanjutkan
9. Akun Dapodik 2021 sudah terverifikasi
Nah demikianlah langkah mudah yang bisa dilakukan bagi operator Dapodik 2021 tentang Cara Verifikasi Akun Dapodik 2021 terbaru dengan mudah yang bisa dikuti dari langkah diatas.
Selain itu juga, anda sebagai operator Dapodik 2021 juga bisa mengetahui Cara Mengatasi Akun Tidak Terverifikasi Di Dapodik 2021 dengan mengikuti langkah yang sudah diberikan diatas.



Demikian semoga bermanfaat.....













Sumber https://www.jakartastudio.com/cara-verifikasi-akun-dapodik-2021-agar-bisa-digunakan/

RPP SMP 1 Lembar SENI BUDAYA Kelas 7 Semester 1 Revisi 2020

RPP SMP 1 Lembar SENI BUDAYA Kelas 7 Semester 1 Revisi 2020


RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTs, RPP 1 Lembar merupakan RPP yang disederhanakan merupakan implementasi dari surat edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP, Surat edaran tersebut berisi pernyataan bahwa pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan 3 prinsip, yakni Efisien, Efektif dan berorientasi pada siswa. RPP K13 1 Lembar Mapel Seni Budaya kelas 7 SMP/Mts terbaru memiliki komponen utama Tujuan Pembelajaran, Langkah-langkah Pembelajaran, dan Penilaian Pembelajaran.

Penggunaan RPP disamping sebagai penunjang profesionalisme guru saat melaksanakan kegiatan belajar di kelas, namun lebih pemandu kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dalam setiap mapel sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut dapat tercapai sesuai dengan kurikulum k13 yang telah diterapkan oleh pemerintah.

Pada materi RPP K13 1 Lembar Seni Budaya kelas 7 SMP/MTs kali ini, para pendidik dapat segera menyiapkan Rencana Pembelajaran dan mengetahui langkah-langkah apa yang harus dilaksanakan dalam kegiatan kelas. Dan menurut kami dengan RPP untuk SMP/MTs yang disederhanakan menjadi 1 Lembar ini, tugas para pendidik akan lebih ringan khususnya dalam hal persiapan administrasi pembelajaran sehingga guru atau pendidik dapat melaksanakan kegiatan lain misalnya memperluas wawasan materi yang akan diajarkan kepada siswanya daripada setiap harinya hanya dibebankan dengan administrasi pelaksanaan pembelajaran seperti tahun-tahun sebelumnya.

RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTs yang akan kami bagikan kepada para pendidik ini adalah sebagai contoh RPP yang akan digunakan dalam rangka mengajar pada setiap kelasnya, jika masih terdapat kekurangan maka dapat dikembangkan sesuai kebutuhan para guru.

Contoh RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTs baru tersedia untuk semester 1 atau semester ganjil yang akan dijalani selama 6 bulan kedepan. Sedangkan untuk semester Genap akan segera kami share jika telah tersedia.

RRP lengkap Seni Budaya 1 Lembar kelas 7 SMP/MTs berisi mata pelajaran umum yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKN, PJOK, Bahasa Inggris, dan Seni Budaya.

Dibawah ini Link unduh RPP 1 Lembar Mapel Seni Budaya SMP/MTs Mapel Umum Lengkap

Dapatkan RPP 1 Lembar lainnya untuk kelas 7 SMP/MTs Mapel Umum Lengkap




Demikian Semoga Bermanfaat...







































Buku Guru dan Buku Siswa SMP KELAS 8 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

Buku Guru dan Buku Siswa SMP KELAS 8 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018



Buku Guru berfungsi sebagai panduan bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran di kelas. Buku guru telah disiapkan oleh pemerintah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru.

Fungsi Buku Guru

Fungsi dari Buku Guru adalah sebagai berikut.
  • Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa; Informasi yang akan didapatkan guru dari Buku Guru adalah sebagai berikut.
  1. Karakteristik Kurikulum 2013, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pembelajaran mata pelajaran terkait.
  2. Petunjuk Penggunaan Buku dan penjelasan bagian-bagian Buku Siswa.
  • Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran di kelas; Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.
  1. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
  2. Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut.
  3. Menjelaskan tentang teknik dan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
  • Penjelasan tentang metode dan teknik yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Karakteristik Buku Guru

Buku Guru adalah salah satu sarana implementasi Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut.
  • Mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat.
  • Menempatkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar agar siswa mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat dan lingkungan sebagai sumber belajar.
  • Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  • Mengembangkan kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti yang dirinci lebih lanjut dalam Kompetensi Dasar mata pelajaran.
  • Mengembangkan Kompetensi Inti menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) Kompetensi Dasar. Semua Kompetensi Dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam Kompetensi Inti.
Di dalam Buku Guru juga diinformasikan mengenai Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar pada mata pelajaran terkait.

Baca Juga :


Fungsi Buku Siswa

Buku Siswa digunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan peserta didik dalam menguasai kompetensi tertentu.
Buku Siswa juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di kelas.
Buku Siswa dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan, agar peserta dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.
Buku Siswa diarahkan agar peserta didik lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antar teman maupun dengan gurunya.

Buku Guru dan Buku Siswa SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

Buku Guru dan Buku Siswa SD Kurikulum 2013 Edisi 2018 ini admin bagikan untuk membantu Bapak/Ibu Guru dalam menyiapkan pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013.
Buku Guru K13 Kelas 8 SMP PAI DAN BP (Download)
Buku Siswa K13 Kelas 8 SMP PAI DAN BP   (Download)
Buku Guru K13 Kelas 8 SMP PPKN (Download)
Buku Siswa K13 Kelas 8 SMP  PPKN (Download)
Buku Guru K13 Kelas 8 SMP B INDONESIA (Download)
Buku Siswa K13 Kelas 8 SMP  B INDONESIA (Download)
Buku Guru K13 Kelas 8 SMP MATEMATIKA (Download)
Buku Siswa K13 Kelas 8 SMP MATEMATIKA (Download 1) 
Buku Guru K13 Kelas 8 SMP IPA (Download)
Buku Siswa K13 Kelas 8SMP  IPA (Download (Download 2)
Buku Guru K13 Kelas 8 SMP IPS (Download)
Buku Siswa K13 Kelas 8 SMP  IPS (Download)
Buku Guru K13 Kelas 8 SMP B. INGGRIS (Download)
Buku Siswa K13 Kelas 8 SMP  B. INGGRIS (Download)
Buku Guru K13 Kelas 8 SMP SENI BUDAYA (Download)
Buku Siswa K13 Kelas 8 SMP  SENI BUDAYA (Download)
Buku Guru K13 Kelas 8 SMP PJOK (Download)
Buku Siswa K13 Kelas 8SMP PJOK (Download)
Buku Guru K13 Kelas 8 SMP  INFORMATIKA(Download)
Buku Siswa K13 Kelas 8 SMP INFORMATIKA (Download)
Buku Guru K13 Kelas 8 SMP PRAKARYA (Download)
Buku Siswa K13 Kelas 8 SMP PRAKARYA (Download)  (Download 2) 
Buku Guru dan Buku Siswa lainnya dapat diunduh pada link berikut.



























Kesiapan Mental Pendidik dan Siswa Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Kesiapan Mental Pendidik dan Siswa Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru 


diambil dari garutselatan.info : Kesehatan mental merupakan kondisi yang baik tentang perasaan, pikiran dan perilaku seseorang agar mampu menjalani situasi-situasi dan mampu mengoptimalkan kapasitas diri yang dimiliki.

Serta kemampuan berpikir yang rasional untuk mengekspresikan emosi yang dirasa dan mampu berperilaku tepat dengan kondisi yang dihadapi.

Ada 4 Fase Psikologis individu dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru :
1. Panic/ Stress;
2. Acceptance/ Penerimaan;
3. Adaptation/ Adaptasi;
4. Implementation/ Menerapkan hal baru dalam kondisi situasi saat ini.

Mampu menyesuaikan diri pada kebiasaan baru :
1. Grafullness/ Rasa syukur;
2. Fokus pada hal-hal yang bias dilakukan saat ini;
3. Fokus pada hal-hal yang biasa kita kendalikan;
4. Manage Expectation/ membuat target yang sesuai dengan kemampuan diri;
5. Istirahat.

Perkembangan dan perubahan ada karena pembaharuan dan pembiasaan. Pergerakan ke depan demi kemajuan sangat dibutuhkan apalagi dalam dunia pendidikan. “New Normal” dalam pendidikan mampu menuntun kita agar lebih membuka mata dalam menyikapi transformasi pendidikan khususnya di Indonesia jika dilihat dari sudut pandang yang bijaksana.

Adaptasi kebiasaan baru yang harus dilalui dalam seluruh segmen terutama di bidang pendidikan. Dulu dalam bidang pendidikan menggunakan metoda tatap muka/ pembelajaran secara langsung dalam kelas. Sekarang pendidikan dilakukan dengan cara pembelajaran secara langsung (online) dan tidak langsung.

Kondisi Pandemi :
  • PSBB
  • WFH
  • Kegiatan sekolah dilakukan di rumah

Mengakibatkan :
  • Kecemasan yang berlebih
  • Stress
Adaptasi Kebiasaan Baru :
  • Dulu ada kebiasaan lama
  • Sekarang ada kebiasaan baru

Kebiasaan baru :

1. Negative
  • Guru kesulitan menyampaikan materi.
  • Anak merasa bosan dan kesulitan menerima materi/adanya hambatan penunjang teknologi.
  • Orang tua kurang paham materi pelajaran anak dan hambatan penunjang teknologi.

2. Positive
  • Guru dituntut untuk lebih creative dan banyak belajar agar dapat memenuhi kelas virtual.
  • Anak lebih active dalam belajar dan dapat mempraktekan langsung di dunia nyata.
  • Orang tua lebih paham kesulitan anak dan ikut belajar dengan anak.

Proses Transisi :

1. Orang tua disiapkan proses belajar agar paham apa yang diharapkan oleh sekolah.
2. Sekolah banyak melakukan panduan.
3. Meningkatkan pola komunikasi.
4. Kerjasama orang tua – guru – siswa dalam menyelsaikan tugas :
  • Membuat jadwal tugas yang jelas.
  • Memberikan arahan dalam menyelesaikan tugas.
  • Tugas yang logis.
  • Kapan waktu tugas dikumpulkan.