Subscribe in a reader Seputar Dapodik dan Umum

PETUNJUK PENDAFTARAN SISTEM SELEKSI CPNS NASIONAL TAHUN 2018




1. ALUR PENDAFTARAN CPNS 2018






















Sumber Gambar  : https://sscn.bkn.go.id/alur


Mau Baca Of Line?

2. HAL HAL YANG HARUS DISIAPKAN


Sebelum mendaftar ke instansi yang dituju, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yangdiperlukan untuk pendaftaran. Dokumen tersebut terdiri dari :


1.    Kartu Keluarga


2.    Kartu Tanda Penduduk (KTP)


3.    Ijazah

4.   Transkip Nilai

5.   Pas Foto

6.   Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar




3. TATA CARA PENDAFTARAN CPNS 2018




Hasil gambar untuk TATA CARA PENDAFTARAN CPNS 2018

1.    Pelamar harus masuk ke portal SSCN 2018 sepertitampilan di atas
2.    Pelamar diwajibkan untuk memahami tata cara dan syarat pendaftaran dengan teliti
3.    Klik PENCARIAN LOWONGAN untuk mencariinformasi terkait Pendidkan, 
     Jabatan dan Instansi yang dibuka. Kemudian pilih Jenis Formasinya

























 4.    Pelamar dapat melihat lowongan yang tersedia pada table tersebut, klik Download
       untuk melihatlebih detail Pengumuman dan Persyaratan instansi yang dipilih
 5.   Klik ALUR  untuk melihat tata cara pendaftaran CPNS 2018. Pelamarwajib 
      membaca dengan teliti dan mempelajarinya supaya tidak ada informasi yang tertinggal          sebelum melanjutkan ke proses Pendaftaran
 6.  Pelamar hanya dapat melamar1 (satu)jabatan dalam 1 (satu) jenisformasi (Formasi
      Umum/Formasi Khusus Lulusan Terbaik(cumlaude)/Formasi Khusus Putra-Putri Papua 
      dan Papua Barat/Formasi Khusus Disabilitas/Formasi Diaspora/Formasi AtletTerbaik) di 1 
      (satu) instansi.
 7.    Untuk melanjutkan ke proses pendaftaran, klik  REGISTRASI  dan akan tampil  
      halamanPendaftaran  Akun  SSCN  2018 seperti  gambar             di bawah             ini



8. Klik HELP DESK untuk bantuan dan pengaduan

9.   Klik FAQ untuk mecaripermasalahan terkait SSCN
10    Klik LAYANAN CALL CENTRE untuk menghubungi instansi terkait pendaftaran


                        Daftar ke Portal SSCN

Apabila pelamar sudah siap untuk mendaftar, langkah-langkahnya adalah :

1. Klik  PENDAFTARAN dan akan tampilseperti berikut :
2. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala
    Keluarga(NIK KK)
3  Apabila pelamartidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, 
    silahkan hubungiDinas Kependudukan dan Catatan Sipilsesuai dengan KTP pelamar bukan 
    ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku PanitiaSeleksi Nasional (Panselnas)



4.   Masukan kode captcha yang terlampir. Kode captcha tidak bersifat case sensitive
5.  Setelah data di atas dimasukan, klik  LANJUTKAN untuk proses selanjutnya,

6.  Pada proses ini,pelamar mengisi dan membandingkan data di KTP dengan data Ijazah. Proses 
     pemberkasan CPNSmenggunakan data Ijazahsebagai data pokok kepegawaian yangterdiri dari 
     Nama sesuaiijazah tanpa gelar, Tempat dan Tanggal Lahir. Pastikan bahwa Anda mengisi data 
     tersebut dengan benar

7.  Upload pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb maksimal 200 kb

8. Data lain yang perlu diisi terdiri dari data :
    a)   E-mail
        Masukan e-mail aktif dan valid
    b)   Password
        Masukan password yang mudah diingat.
        Harap catat dan simpan passwordAnda karena akan digunakan untuk login
     c)   Pertanyaan Pengaman 1
         Pilih pertanyaan pengaman Anda
    d)   Jawaban Pengaman
         Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih
     e)   Pertanyaan Pengaman 2
         Pilih pertanyaan pengaman Anda
     f)   Jawaban Pengaman
         Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih
      g)   Captcha
          Masukan kode captcha yang tampil di layar
9.  Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan lengkap. Data yang telahdisimpan 
     tidak dapatdiperbaiki atau dirubah.
10 Selanjutnya klik DAFTAR
11.  Halaman pemberitahuan bahwa pendaftaran ke portal SSCN 2018 berhasil, klik  
     CETAK INFORMASI PENDAFTARAN untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai 
      bukti bahwa pelamar berhasil mendaftar ke portal SSCN 2018.

      Simpan kartu tersebut dengan baik.

Hasil gambar untuk CETAK INFORMASI PENDAFTARAN untuk mencetak Kartu Informasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil mendaftar ke portal SSCN 2018

12.  Klik LANJUTKAN LOGIN PENDAFTARAN untuk ke form berikutnya




Login ke Portal SSCN dan Isi Biodata

1.  Setelah pelamar berhasil daftar, silahkan login ke https://sscn.bkn.go.id dengan  klik  tombol 
      LOGIN yang tertera di sudut kanan atas

2.  Masukan NIK dan passwordyang telah Anda daftarkan lalu akan tampil halaman Form Biodata 
     Peserta seperti gambardi bawah ini :
3.   Upload foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap 
     selanjutnya, kemudian klik SIMPAN

4.  Pada form ini lengkapi AlamatDomisili, Propinsi, Kabupaten/Kota, Nomor Telepon, Tinggi Badan, 
     Status Perkawinan, NomorHP dan Agama



5.  Klik SIMPAN apabila data telah dilengkapi. Kemudian akan tampil tombol SELANJUTNYA

6. Klik SELANJUTNYA untuk melanjutkan ke halaman berikutnya




Pilih Instansi, Formasi dan Jabatan














1.    Pilih instansi yang  dituju
2.    Pilih Jenis Formasisesuai dengan formasiyang dibuka oleh instansi. Pilihan Jenis Formasi      
     dapat dilihatdi Pengumuman Instansi
3.    Klik PILIH dan akan tampil form Pendaftaran.
4.    Instansi yang tampil adalah instansi yang sudah buka pendaftarannya sesuai dengan 
     Pengumuman dari instansi tersebut.


5. Setelahyakin memilih instansiakan keluar notifikasi seperti gambar di atas, klik OK untuk 
     melanjutkan
6.  Form Pendaftaran akan tampil sepertigambar di bawahini



7.     Pilih pendidikan sesuai denganijazah
8.       Pilih jabatan yang akan dilamar. Jabatan akan tampil sesuai dengan pendidikan yang 
       dipilih
9.        Pilih Lokasi Kerjaapabila instansi memberikan kewenangan pelamar untuk memilih Lokasi 
       Kerja
10.    Pilih Lokasi Testapabila instansi memberikan kewenangan pelamar untuk memilih Lokasi 
       Test
11.    Ketik nama Universitas atau sekolah sesuaidengan ijazah
12.    Isi Tanggal Ijazah dan Tahun Lulussesuai dengan yangtertera di Ijazah
13.   Pilih Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi untuk perguruan tinggi. 
       Sedangkan untuk pelamar SLTA sederajat, akreditasi dapat dipilih Lainnya
14.    Isi nilai IPK menggunakan tandatitik (.) dan dua digitdibelakang koma atau nilaiijazah untuk 
       lulusanSMA sederajat

15.    Isi Nomor Ijazah

16.    Isi kode captcha sesuai dengan gambar yang tampil

17.  Pastikan bahwa Anda sudah yakin akan melamar di Instansi tersebut karena pelamarhanya 
      dapat mendaftar di 1 jabatanpada 1 instansi dan 1 periode. Pendaftar dapat mendaftar di instansi 
       lain dengan periode (batch) yang berbeda

18.  Klik KOTAK  dan klik DAFTAR
19.    Klik SELANJUTNYA untuk melanjutkan ke halaman berikutnya 
20. Selanjutnya akan tampilform Resume. Padaform ini, pelamardiharuskan mengecek kembali data 
      yang telahdilengkapi. Apabila pelamaringin mengubah data, klik tombol 
21.  Bila pelamarsudah yakin data yang akan dikirim, klikFinal Resume, makan data akan tersimpan 
      di database dan tidak dapat dilakukan perubahan lagi

Riwayat Pelamaran SSCN

1.    Setiap pendaftaran yang dikirim oleh pelamar dapat dilihat dan dicek  statusnya di menu
     Riwayat berdasarkan :
      a)   Instansi                 : Instansi yang dilamar
      b)   Jenis Formasi        : Jenisformasi sesuai denganyang dipilih
      c)   Tanggal Daftar      : tanggaldaftar ketika pelamarmendaftar
      d)   Periode                 : periode yang dilamar
      e)   SSCN                    : keterangan apakahinstansi menggunakan 
                                          SSCN atau Non SSC
      f)    Status Administrasi : statusproses administrasi pelamar
      g)   Kartu Peserta          : tomboluntuk cetak KartuPeserta apabila 
                                            lulus verifikasi dan berhak mengikuti ujian CAT
     h)   Unggah Dokumen   : tomboluntuk mengunggah (upload)dokumen
                                            sebagai persyaratan pendaftaran sesuai dengan Pengumuman 
                                            Instansi.


2. Untuk melakukan upload dokumen, klik UNGGAH , kemudianakan tampil halaman unggahdokumen 

   seperti gambarberikut

Hasil gambar untuk DOKUMEN PESERTA SSCN

Hasil gambar untuk FORM UPLOAD SSCN


        a)   Jenis dokumen akan tampilsesuai dengan keperluan instansi
        b)   Dokumenhanya dapat diunggah1 (satu) kali. Mohon perhatikan 
               dan siapkan dokumen yang akan diunggah dengan teliti, karena system 
               tidakmenerima unggah ulangdokumen
        c)   Pilih dokumen yang akan di unggah (upload) pada computer Anda
            klik UNGGAH  lalu klik  CHOOSE FILE
        d)   Dokumen yang diunggah harusberupa image (.jpg/.jpeg.png) atau berupa .pdf 
             sesuai dengan ketentuan pada setiap jenis dokumen dengan maksimal 200
             kilobyte. Harap perhatikan   jenis file yang akan diupload pada keterangan
       e)   Nama dokumen akan tampilsetelah dipilih
       f)    Klik UPLOAD     untuk menyimpan dan system akan memvalidasi dokumen tersebut
       g)   Setelah berhasil divalidasi dokumenakan tersimpan di system
       h)   Untuk membatalkan, klik KEMBALI
       i)     Seperti penjelasan pada poin-poin sebelumnya, bagi instansi yang mewajibkan untuk   
           melampirkan dokumen, maka tombol  Cetak Kartu Pendaftaran akan tampil setelah 
           pelamar melengkapi semua dokumen yang diunggah.
      J.    Setelah dokumen diupload, akan tampil tombol untuk mencetak Pendaftaran. Simpan kartuini 
             sebagai buktipendaftaran




Kartu Ujian SSCN


Untuk mencetak KartuUjian, klik menu RIWAYAT , pada kolom KartuPeserta klik tombol yangtersedia. Kartu Ujianakan tampil bagipelamar yang lulusverifikasi sebagai bukti untukmelanjutkan ke tahapanseleksi berikutnya.


SELAMAT MENCOBA ........................

Updater Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.a


Yth. Bapak/Ibu
  1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
  2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  3. Kepala LPMP
  4. Kepala SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB
di seluruh Indonesia


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Menindaklanjuti laporan-laporan adanya bugs pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019 yang dapat mengganggu kelancaran sekolah dalam melakukan pemutakhiran data serta perlu adanya penyesuaian untuk mengakomodir kebutuhan implementasi di SLB, SPK  dan SILN maka telah dilakukan perbaikan dan penyesuain di Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019. Oleh karena itu saat ini telah dirilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.a
Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.a ditujukan bagi sekolah yang memiliki kendala menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019. Proses installasi hanya melalui Pembaruan Online pada Aplikasi Dapodik. Sekolah yang tidak memilliki kendala ketika menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 dapat tetap melanjutkan menggunakan versi tersebut. Namun bagi yang tidak ada kendala dan hendak melakukan pembaruan ke Versi 2019.a DISARANKAN TELAH MELAKUKAN SINKRONISASI TERLEBIH DAHULU sebelum melakukan pembaruan online.

Langkah-langkah untuk melakukan pembaruan secara online sebagai berikut:
a) Pastikan komputer terkoneksi internet.
b) Silahkan login pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019
c) Masuk pada menu Pengaturan, Cek Pembaruan Aplikasi, klik pada tombol “Cek Pembaruan”.

d) Maka ditampilkan keterangan bahwa Pembaruan Tersedia. Pembaruan Tersedia (Dapodik 2019.a) Apakah Anda ingin melanjutkan? Pastikan tidak menutup jendela browser sebelum proses pembaruan selesai!
e) Klik tombol “Lanjutkan”, maka sistem akan melakukan update pembaruan.
f) Setelah proses selesai, klik tombol “Muat ulang halaman sekarang”.
g) Jika diperlukan, lakukan refresh (Ctrl + F5).
  
Berikut adalah daftar perubahan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.a :
  1. [Pembaruan] Penambahan kolom Lintang dan Bujur pada unduhan Daftar Peserta Didik
  2. [Perbaikan] Perizinan penambahan GTK untuk SILN
  3. [Perbaikan] Perizinan penambahan Peserta Didik untuk SILN
  4. [Perbaikan] SMA Kristen dapat menyelenggarakan Kelas Teori
  5. [Perbaikan] Pengecualian validasi rasio peserta didik terhadap rombel untuk SLB, SILN, SPK
  6. [Perbaikan] Pengecualian validasi perhitungan umur peserta didik 5,6 tahun untuk SLB,
  7. [Perbaikan] Bugs pada saat tambah baru Peserta Didik
  8. [Perbaikan] Bugs pada saat tambah baru GTK
  9. [Perbaikan] Perbaikan pada security aplikasi

Demikian informasi yang kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Salam Satu Data,
Admin Dapodikdasmen







Progres Dapodikdasmen Tahun Ajaran 2018/2019


Yang terhormat,

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota
Kepala Sekolah SD, SMP, SLB, SMA dan SMK
Operator Dapodik
Di Seluruh Nusantara

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 5749/D/R/2018 tentang Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019, telah disampaikan bahwa sekolah harus melakukan sinkronisasi/pengiriman data semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019 menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019 sampai dengan tanggal 21 September 2018 yang merupakan batas akhir pengambilan data/cut off untuk program BOS triwulan IV tahun 2018. Namun demikian dari pengecekan data di server Dapodikdasmen per-tanggal 12 September 2018 diketahui bahwa masih banyak sekolah dengan status partisipasi BOS adalah “menerima” (pada aplikasi Dapodikdasmen menjawab “Ya”), akan tetapi belum melakukan sinkronisasi (Daftar sekolah dapat diunduh pada lampiran berita ini).

Sehubungan dengan hal tersebut, dengan hormat kami sampaikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota agar kembali menginstruksikan ke seluruh satuan pendidikan di wilayah binaannya sesuai dengan kewenangannya supaya melakukan pemutakhiran data melalui aplikasi Dapodikdasmen 2019. Demikian juga LPMP dan Pengawas Sekolah dengan berkoordinasi dengan dinas pendidikan untuk melakukan verifikasi dan validasi data Dapodikdasmen sesuai dengan kewenangannya pada wilayah binaan masing-masing.

Beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan terkait kelengkapan data Dapodik untuk pengambilan data/cut off untuk program BOS sebagai berikut:
1. Data siswa yang akan terhitung adalah data siswa pada semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019.
2. Data Rombongan Belajar harus diisi dengan lengkap dan benar, dan jenis rombel yang dihitung adalah Rombel Reguler, Rombel Terbuka, dan Rombel Kelas Jauh sedangkan Rombel Teori, Praktek, dan Ekskul tidak dihitung. 
3. Khususnya untuk SMA dan SMK harus memperhatikan pengisian data program pengajaran/program keahlian/ kompetensi keahlian sebagai berikut:
  • SMA yang baru tahun pertama menerapkan Kurikulum 2013
    Kelas X = Bahasa dan Budaya, MIPA, Ilmu Pengetahuan Sosial
    Kelas XI dan XII = Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)/Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)/Bahasa
  • SMA Kurikulum 2013
    Kelas X, XI, dan XII = Bahasa dan Budaya, MIPA, Ilmu Pengetahuan Sosial
  • SMK yang baru tahun pertama menerapkan Kurikulum 2013
    Kelas X = Program Keahlian
    Kelas XI dan XII = Kompetensi Keahlian
  • SMK Kurikulum 2013
    Kelas X = Program Keahlian
    Kelas XI dan XII = Kompetensi Keahlian
4. Data Rombongan Belajar harus diisikan WALI KELAS
5. Rombongan Belajar harus diisikan lengkap sampai dengan data pembelajaran dan jadwal pelajaran.
6. Data siswa disarankan melalui proses verifikasi dan validasi NISN pada layanan vervalpd.data.kemdikbud.go.id.
Sekolah dihimbau untuk dengan seksama memperhatikan kelengkapan dan kevalidan datanya. Apabila data yang diisikan tidak lengkap maka TIDAK AKAN TERHITUNG untuk penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).
Demikian informasi yang kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu serta teman-teman operator sekalian, kami ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Salam Satu Data,
Admin Dapodikdasmen

LAMPIRAN