Subscribe in a reader Seputar Dapodik dan Umum

CARA CETAK SURAT PINDAH/MUTASI SISWA DI DAPODIK 2019

CARA CETAK SURAT PINDAH/MUTASI SISWA DI DAPODIK 2019

Pada Dapodik versi 2019 terdapat beberapa fitur yang berbeda dengan aplikasi dapodik versi sebelumnya. Di aplikasi dapodik 2019 selain memiliki tampilan yang berbeda juga terdapat beberapa menu yang sudah tidak dapat lagi di gunakan di aplikasi dapodik versi 2019.

Salah satu menu yang sudah tidak bisa lagi dilakukan di aplikasi dapodik versi 2019 yaitu menu “CETAK SURAT MUTASI”. Dengan tidak berfungsinya menu untuk mencetak surat mutasi siswa/peserta didik maka pastinya akan membuat para operator sekolah merasa kebingungan jika akan melakukan cetak surat bukti mutasi siswa/peserta didik.


Jika pada aplikasi dapodik sebelumnya menu untuk mencetak surat mutasi siswa/peserta didik dapat dengan mudah di cetak langsung di aplikasi dapodik dengan catatan nama peserta didik yang akan di mutasikan sudah dikeluarkan terlebih dahulu di aplikasi dapodik . namun hal tersebut kini tidak lagi bisa dilakukan di aplikasi dapodik versi 2019.

Sebenarnya pada aplikasi dapodik 2019 siswa yang sudah pindah/mutasi bukan tidak bisa dilakukan cetak surat mutasinya melainkan hal tersebut dapat dilakukan di aplikasi dapodik 2019 dengan cara yang sedikit berbeda dari aplikasi dapodik versi sebelumnya.

Perbedaan yang terjadi antara aplikasi dapodik 2019 dengan aplikasi dapodik versi sebelumnya pada bagian cetak surat mutasi siswa yaitu jika pada aplikasi dapodik 2018 cara untuk mencetak surat mutasi siswa dapat dilakukan secara offline dengan cara masuk kedalam aplikasi dapodik dan memilih menu pada PD keluar kemudian langsung dapat memilih nama siswa yang sudah di mutasikan kemudian dengan mudah dapat langsung melakukan cetak surat mutasi tersebut.
Berbeda halnya dengan aplikasi dapodik versi 2019 dimana jika kita akan melakukan mutasi siswa dan mencetak surat mutasi siswa tersebut maka hanya dapat dilakukan dengan cara online dan dapat dilakukan tanpa harus masuk kedalam aplikasi dapodik 2019 tetapi dengan catatan siswa yang akan di cetak surat mutasinya sudah terlebih dahulu di keluarkan dari aplikasi dapodik 2019 dengan status pindah/mutasi dan dapodik telah di syncronisasi.

Bagi anda yang bertugas sebagai operator dapodik dan belum mengetahui cara untuk mencetak surat bukti mutasi siswa pada aplikasi dapodik 2019, maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit cara untuk melakukan proses cetak surat mutasi siswa di aplikasi dapodik 2019.


Cara yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini akan saya sajikan lengkap dengan gambar dengan tujuan agar mudah untuk di pahami dan mudah untuk di mengerti.
Sebagai catatan bahwa sebelum melakukan cetak surat mutasi siswa di aplikasi dapodik 2019 maka terlebih dahulu anda harus sudah menyiapkan paket data yang nantinya di guanakan untuk login dan mencetak surat mutasi siswa, karena hal itu wajib dilakukan agar proses cetak surat mutasi siswa dapat berlangsung degan lancar.

Berikut ini cara untuk melakukan cetak surat mutasi siswa di aplikasi dapodik 2019.

1. silahkan kunjungi alamat di bawah ini :
2. setelah itu klik tulisan “login” seperti pada gambar di bawah ini


3. kemudian pada menu login pilih tulisan “manajemen sekolah”


4. setelah itu untuk bisa login ke menu manajemen sekolah maka silahkan isi username dan password sesuai dengan username dan password dapodik sekolah anda kemudian klik tulisan  “kelola data sekolah”


5. kemudian akan muncul informasi akun sekolah anda dan lanjutkan dengan mengklik tulisan “ kelola data pokok”


6. kemudian klik tulisan “peserta didik” yang terletak di pojok kanan atas


7. pada menu status pilih status : “keluar”


8. kemudian akan di tampilkan beberapa nama-nama siswa yang sudah dikeluarkan dari aplikasi dapodik 2019 baik dengan alasan sudah lulus ataupun mutasi.
Untuk mencetak surat mutasi siswa maka silahkan anda pilih nama siswa yang sudah di keluarkan dengan alasan mutasi kemudian geser scroll ke samping kanan maka akan terlihat gambar icon print


9. selanjutnya klik icon gambar print tersebut sehingga akan terbuka seperti contoh pada tampilan di bawah ini


10. untuk melakukan cetak maka silahkan klik icon printer pada tampilan, dan jika ingin sekedar menyimpannya dan belum mau mencetak maka anda dapat mendownloadnya terlebih dahulu.

 - Jika ingin langsung mencetak / memprint

 - Jika hanya ingin menyimpan dan belum mau di print




Demikianlah cara untuk melakukan cetak surat mutasi siswa di aplikasi dapodik 2019, semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai cara mencetak surat mutasi siswa di aplikasi dapodik 2019 dan semoga bermanfaat.
















UPDATER PMP 2018.08 DAN PERPANJANGAN CUT OFF PMP TAHUN 2018

Yth. Bapak/Ibu
  1. Kepala LPMP
  2. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
  3. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  4. Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, SMK, dan
  5. Pengawas
di seluruh Indonesia

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Dengan hormat,
Sehubungan dengan menyambut tahun ajaran baru 2018/2019 dan diluncurkannya Aplikasi Dapodik versi 2019, akibatnya terdapat perubahan-perubahan yang terjadi pada aplikasi Dapodik sehingga berdampak pada perubahan koneksi dengan Aplikasi PMP. Menyikapi kondisi tersebut Tim PMP Ditjen Dikdasmen melakukan penyesuaian dengan tindakan sebagai berikut:
  1. Rilis Installer dan Updater PMP Versi 2018.08. Link Unduhan Aplikasi )
  2. Perpanjangan waktu CUTT OFF sampai dengan 15 September 2018 pukul 24.00.
Daftar Pembaruan Versi 2018.08 adalah sebagai berikut :
  1. [Pembaruan] Panduan pengaturan koneksi Aplikasi PMP dengan Aplikasi Dapodik versi 2019
  2. [Perbaikan] Perbaikan kompatibilitas dengan Aplikasi Dapodik versi 2019
  3. [Perbaikan] Perbaikan cek keterisian responden sekolah untuk instrumen pengawas
Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain:
  1. Installer PMP versi 2018.08 hanya digunakan bagi sekolah yang belum pernah menginstal PMP sama sekali atau telah melakukan uninstall Aplikasi PMP versi sebelumnya.
  2. Updater hanya berlaku untuk aplikasi versi 2018.07
  3. Lakukan Backup data sebelum melakukan instal ulang atau updater baik Dapodik 2019 maupun Aplikasi PMP.
  4. Ikuti Panduan pengaturan koneksi aplikasi PMP sebagai berikut:
    1. Buka dan Login ke dalam Aplikasi Dapodik versi 2019
    2. Klik Tombol Pengaturan pada Menu Aplikasi Dapodik 2019
    3. Pilih Sub Menu Web Service
    4. Tekan Tombol Tambah, masukkan data di bawah ini:
      • Nama Aplikasi : Aplikasi PMP
      • Key : app-pmp
      • IP Address : localhost
      • Port : 5774
      • MAC Address : dikosongkan
    5. Akhiri dengan Tombol Simpan berwarna hijau
    6. Lengkapi isian Alamat url dengan mengetik localhost:5774
    7. Masukkan NPSN sesuai sekolah Anda
    8. Pengaturan selesai dan kembali ke halaman Login PMP
  5. Untuk pengaduan sekolah yang non-aktif atau dihapus dapat mengajukan melalui LPMP/Disdik ke PDSPK dan menyesuaikan dengan data pada Website Dapodikdasmen.
  6. Pengiriman Offline tetap disediakan dengan Link Disini jika pengiriman secara online gagal.
  7. Pemrosesan data pemetaan mutu menjadi Rapor Mutu akan dilakukan secara bertahap selama Bulan September 2018 dengan proritas awal sekolah berstatus Sudah Terproses dan Sudah Kirim.
  8. Pemrosesan data pengiriman Offline mulai dilakukan secara bertahap setelah cutt off 15 September 2018 dan diproses sampai dengan bulan Oktober 2018.
  9. Jika terdapat permasalahan lebih lanjut dapat menghubungi helpdesk PMP dan tim satgas PMP Dikdasmen.

Demikian informasi yang kami sampaikan dan atas perhatian serta kerjasamanya kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam Satu Data!






di Ambil Dari :http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

Rilis Dapodik Offline (PAUD) v.3.3.0 Tahun Ajaran 2018/2019

Hasil gambar untuk Rilis Dapodik Offline (PAUD) v.3.3.0 Tahun Ajaran 2018/2019
Dapodik Offline (PAUD) dirilis pada hari ini tanggal 24 Agustus 2018 untuk pengisian data Semester 1 (Ganjil) 2018/19. Sebelum menggunakan aplikasi ini, mohon baca pedoman penggunaan terlebih dahulu pada alamat https://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2018/08/Pedoman-Dapodik-PAUD-2018.pdf 
Secara umum perubahan yang terdapat pada versi ini adalah
  1. Kode Registrasi PAUD diubah menjadi kode registrasi sepanjang 36 karakter.
  2. Satuan Pendidikan PAUD diberikan pilihan menggunakan aplikasi Dapodik Offline dan Online, sesuai dengan kemampuan jaringan di daerah masing-masing.
  3. Manajemen PTK (Penambahan, Penugasan PTK, Mutasi PTK) tidak lagi dilakukan oleh Satuan Pendidikan tetapi dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
Aplikasi Dapodik Offline (PAUD) dapat menggunakan username dan password Dapodik yang sama dengan tahun ajaran lalu, tetapi menggunakan kode registrasi 36 karakter.
Selain menghubungi Dinas Pendidikan, Satuan Pendidikan/Lembaga dapat mengetahui kode registrasi baru dengan login ke manajemen menggunakan akun Dapodik tahun ajaran lalu.
Dapodik Online saat ini masih belum resmi dirilis, dan masih dalam tahap penyempurnaan. Informasi lebih lanjut tentang penggunaan Aplikasi Dapodik Online akan dikabarkan lebih lanjut pada website ini.



Untuk Download Klik Disini
Terima Kasih.









diambil dari :https://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/category/dapodik-paud/


CARA TARIK PESERTA DIDIK/PD DI DAPODIK VERSI 2019

Pada tanggal 17 Agustus 2018, Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 telah resmi di rilis, pertanda tugas operator pendataan sudah didepan mata,mulai dari mengisi data rinci sekolah, data sarana dan prasarana, meluluskan siswa pada tingkat akhir, input peserta didik baru/ penarikan peserta didik dari jenjang sebelumnya, pembuatan rombongan belajar, maping peserta didik pada rombongan belajar, pengisian jadwal pembelajaran, dan lain-lain.

Fitur tarik peserta didik baru masih menggunakan alur yang sama seperti semester sebelumnya tetapi dengan antar-muka aplikasi yang lebih baru. 


Cara Tarik Peserta Didik  Baru/ Mutasi :

2. Setelah itu login menggunakan username dan password Dapodik.

Cara Tarik Peserta Didik  Baru/ Mutasi Versi Dapodik 2019

3. Setelah berhasil login petugas pendataan akan diarahkan ke tampilan halaman utama (beranda). Pastikan informasi akun yang ditampilkan benar datanya. Jika benar, klik tombol “Kelola Data Pokok” untuk melakukan tarik/tambah peserta didik.

Cara Tarik Peserta Didik  Baru/ Mutasi Versi Dapodik 2019

`4. Klik menu “Peserta Didik” lalu pilih tombol “Tambah Peserta Didik” seperti pada gambar di bawah.
Cara Tarik Peserta Didik  Baru/ Mutasi Versi Dapodik 2019

5. Pilih Tarik PD Dapodik pada pilihan sumber data lalu pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan sekolah asal. Setelah melakukan pilihan klik tombol “ Tampilkan “ untuk memunculkan data peserta didik yang telah lulus.

Cara Tarik Peserta Didik  Baru/ Mutasi Versi Dapodik 2019

6. Cari nama peserta didik yang dimaksud, setelah ditemukan pilih data peserta didik dengan mencentang kotak di kiri data peserta didik.

Cara Tarik Peserta Didik  Baru/ Mutasi Versi Dapodik 2019

7. Jika telah mencentang dan memilih data peserta didik yang dimaksud selanjutnya klik tombol “ Simpan “ seperti gambar di bawah.

Cara Tarik Peserta Didik  Baru/ Mutasi Versi Dapodik 2019
Jika proses sudah dilakukan maka tampil pemberitahuan seperti gambar di atas.  Langkah selanjutnya adalah melakukan singkronisasi, supaya perubahan data tersebut bisa masuk ke aplikasi kita. Registrasi siswa, merubah data rincian peserta didik pada aplikasi dapodik sesuai keadaan yang sebenarnya, seperti jarak ke sekolah, waktu tempuh ke sekolah, berat badan, dan lain-lain











Pembaruan Aplikasi Pemetaan PMP 2018.07

Rilis Pembaruan Aplikasi Pemetaan PMP 2018.07


 
Yth. Bapak/Ibu
  1. Kepala LPMP
  2. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
  3. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  4. Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, SMK, dan
  5. Pengawas
di seluruh Indonesia

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Dengan hormat,
Seiring dengan perkembangan kebutuhan pemanfaatan data Dapodik dan PMP juga menindaklanjuti laporan ditemukannya beberapa masalah teknis pada Aplikasi Pemetaan PMP versi 2018.05, serta dalam rangka terus meningkatkan kualitas data mutu pendidikan maka senantiasa dilakukan perbaikan dan penyempurnaan Aplikasi Pemetaan PMP. Oleh sebab itu, kami telah merilis pembaruan (Updater) Aplikasi Pemetaan PMP versi 2018.07 pada tanggal 31 Juli 2018 yang dapat diunduh melalui linkdi bawah ini.
Daftar Pembaruan Versi 2018.07 adalah sebagai berikut :
  1. [Pembaruan] Penyesuaian untuk Sekolah Pendidikan Kerjasama (SPK)
  2. [Pembaruan] Menu rapor mutu sekolah
  3. [Pembaruan] Menu upload file rapor mutu sekolah dari website PMP (pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id)
  4. [Pembaruan] Tampilan validasi jawaban sekolah pada kuesioner kepala sekolah
  5. [Pembaruan] Pakta Integritas sebelum konfirmasi penyelesaian pengisian kuesioner
  6. [Perbaikan] Perbaikan validasi jawaban sekolah pada tampilan kuesioner pengawas
  7. [Perbaikan] Perbaikan fungsi restore data 

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Updater PMP versi 2018.07:
  1. Saat ini hanya disediakan Updater PMP versi 2018.07.
  2. Lakukan Backup Data PMP sebelum menginstall Updater PMP versi 2018.07, jika sebelumnya anda telah melakukan pengisian kuisioner PMP.
  3. Bagi sekolah yang belum pernah menginstal PMP sama sekali, berikut ini langkah-langkahnya:
    a. Install Aplikasi PMP menggunakan Installer versi 2018.05
    b. Buka Aplikasi PMP versi 2018.05 dan Login sekolah dengan username password Dapodik. Pastikan anda berhasil login ke Aplikasi Pemetaan PMP.
    c. Lakukan Instalasi Updater PMP versi 2018.07
  4. Jika tidak terdapat masalah data PMP sekolah Anda setelah proses instalasi updater selesai, maka Anda tidak perlu melakukan restore data.
  5. Dalam Kirim Data PMP terdapat fasilitas Cek Koneksi Internet. Jika anda tidak dapat melakukan pengiriman sedangkan anda dalam kondisi ONLINE (terkoneksi dengan internet), berarti server dalam keadaan sibuk. Anda dapat mencoba mengirim dalam beberapa waktu kemudian.

Permbaharuan dan Perbaikan Website PMP :
  1. Saat ini sedang dilakukan pembaharuan dan perbaikan website PMP dalam rangka peningkatan layanan kepada stakeholder PMP.
  2. Terdapat tambahan beberapa fitur untuk mengecek status kirim data PMP beserta penjelasannya dan jumlah responden yang telah masuk.
  3. Disarankan melakukan proses pengiriman tidak berulang kali karena hanya akan memperberat kinerja server. Status kirim data Anda akan terupdate dalam waktu 3-5 hari kerja tergantung proses yang berangsung di server.

Berikut Link Unduhan Updater PMP versi 2018.07
Demikian informasi yang kami sampaikan dan atas perhatian serta kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam Satu Data!
Untuk Download Aplikasi Klik Disini