Subscribe in a reader Situs Belajar Online Gratis

Situs Belajar Online Gratis

Situs Belajar Online Gratis




Di era globalisasi yang serba instan sekarang, berbagai informasi bisa diakses dengan cepat dan mudah. Perkembangan teknologi yang semakin canggih kian memudahkan aktivitas manusia sehari-hari, termasuk dalam hal belajar.

Sekarang kamu bisa belajar tidak hanya di sekolah atau di tempat-tempat les saja, dengan memanfaatkan teknologi dan internet kamu bisa belajar secara daring #DiRumahAja. Banyak sekali situs belajar online yang bisa kamu akses untuk mendapatkan materi pembelajaran.

Di website belajar online, kamu bisa belajar banyak hal mulai dari ilmu pengetahuan umum, mata pelajaran sekolah dan lain sebagainya. Kamu bahkan bisa mempelajari skill-skill tertentu seperti desain grafis, menulis kreatif hingga prinsip IT.

Situs Belajar Online Gratis

Berikut 10 rekomendasi situs belajar online biar kamu tetap produktif meski #DiRumahAja.

Baca Juga :



Pendidikanpedia

Pendidikanpedia adalah situs belajar online gratis terbaik Indonesia yang memuat mata pelajaran di sekolah dan juga informasi seputar dunia pendidikan. Situs ini masih terbilang baru karena dibuat pada tanggal 9 April 2020 yang lalu. Walaupun begitu, kamu tetapi bisa memperoleh materi yang bermanfaat di sana.


Nantinya situs ini akan terus membuat konten-konten baru yang berisikan materi pembelajaran bermanfaat. Materi-materi yang dibagikan Pendidikanpedia ditujukan kepada peserta didik mulai dari jenjang SD sampai SMA.

Pendidikanpedia berkomitmen untuk menjadi sius tempat belajar online terbaik dengan terus menyajikan konten-konten pendidikan dan edukasi yang bermanfaat. Kamu juga bisa menggunakan materi yang ada di Pendidikanpedia sebagai referensi dalam mengerjakan tugas sekolah.


Semua materi yang ada di Pendidikanpedia bisa kamu akses secara gratis 100%. Jadi dengan Pendidikanpedia, kamu bisa belajar dengan mudah dan gratis di mana saja kapan saja. Jika kamu ingin belajar online dengan cepat dan mudah paham, maka Pendidikanpedia adlaah situs yang paling direkomendasikan. Untuk mulai belajar, langsung saja kunjungi situsnya di pendidikanpedia.com.

Ruangguru

Siapa yang tidak kenal dengan Ruangguru ? Situs belajar online yang telah berdiri sejak tahun 2014 ini menyediakan bimbingan belajar untuk siswa SD hingga SMA. Kamu bisa mengakses situsnya di ruangguru.com atau mengunduh aplikasi Ruangguru di Google Playstore dan App Store.

Di sana tersedia materi mata pelajaran sekolah yang lengkap. Bahkan dalam rangka merespon dihentikannya kegiatan sekolah akibat kasus COVID-19, Ruangguru membuka program bernama “Sekolah Online Ruangguru Gratis” saat ini.

Program ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh atau live teaching setiap hari Senin hingga Jum’at, mulai dari pukul 08.00 sampai 12.00 WIB.

Zenius

Zenius adalah situs pembelajaran daring yang berdiri sejak tahun 2007. Akses pendidikan yang diberikan berupa format video bahasa Indonesia dan juga kumpulan contoh soal Ujian Nasional dalam bentuk e-book.

Materi yang disediakan Zenius ditujukan untuk anak-anak SD sampai SMA. Cara mengakses materinya juga terbilang mudah. Cukup dengan mengakses situs zenius.net atau mengunduh aplikasi Zenius di Google Playstore.


Kabarnya, demi mendukung program WFH (Working Frome Home) pemerintah, Zenius juga tengah menggratiskan sebagian besar materi premiumnya. Coba cari tahu lebih lanjut langsung di website belajar online yang satu ini yaa!

Rumah Belajar

Kemendikbud atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga telah menyediakan situs belajar online untuk siswa belajar di rumah. Nama situs Kemendikbud tersebut adalah Rumah Belajar.

Aneka materi pelajaran yang tersedia di Rumah Belajar diperuntukkan bagi anak mulai dari PAUD sampai SMA. Cukup dengan mengunjungi situs belajar.kemdikbud.go.id atau mengunduh aplikasi Rumah Belajar di Google Play Store, maka kamu sudah bisa langsung mengakses materinya.

Materi pelajaran yang ada di Rumah Belajar dikemas sedemikian rupa supaya menarik, disertai dengan aneka gambar, video bahkan animasi. Setiap pembelajarannya diakhiri dengan latihan soal guna mengukur kemampuan siswa terhadap materi yang telah dipelajari.

Indonesia Montessori (IMS)

Website belajar online yang satu ini cocok digunakan untuk mengedukasi anak balita yang masih kecil dengan cara menerapkan metode pembelajaran Montessori di rumah. Sebagian pengetahuan Montessori sendiri adalah sebuah metode pendidikan untuk mengembangkan potensi anak secara fisik, emosional, kognitif dan sosial melalui interaksi dibandingkan instruksi secara langsung.

Metode ini mendorong anak supaya bisa membuat pilihan kegiatan yang sesuai dan yang disukainya. Akibat dampak wabah virus corona, situs IMC menyediakan dari 500 lebar kegiatan Montessori yang bisa kamu download gratis. Untuk bisa mengunduhnya, cukup kunjungi situs indonesiamontessori.com

Brainly

Brainly adalah situs pembelajaran tanya jawab. Sesuai dengan tagline nya For Students, by Students, kamu bisa mengajukan berbagai macam pertanyaan terkait pembelajaran di Branly. Kemudian pertanyaan kamu akan dijawab oleh para pelajar atau pengguna lain dari belahan dunia.

Tentunya selain bisa menambah wawasan dan pengetahuan, kamu juga bisa menemukan teman baru untuk belajar di Brainly. Subjek yang tersedia di Brainly antara lain Sejarah, Bahasa, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial dan lain-lain. Kunjungi Brainly di brainly.co.id.

Udemy

Udemy merupakan website belajar online Internasional yang menyediakan fasilitas pembelajaran berupa kursus. Kursus di Udemy terbagi dalam beberapa kategori. Kebanyakan kursus yang tersedia di Udemy adalah kursus kemampuan yang benar-benar diperlukan di era revolusi industri 4.0 saat ini, seperti desain grafis, pemrogaman, membuat aplikasi, videographer dan semacamnya.

Sayangnya, kursus online di Udemy tidak gratis. Kursus Udemy dihargai mulai dari $10 atau sekitar Rp 140.000. Namun, kamu juga bisa melamar sebagai instruktur di Udemy jika kamu memang sudah benar-benar ahli dalam suatu bidang. Dan dari situ kamu juga bisa mendapatkan uang dari Internet.

Khan Academy

Khan Academy merupakan situs belajar online tertua di Internet, didirikan sejak tahun 2006 yang lalu. Khan Academy menawarkan latihan dan video pembelajaran. Melalui platform online ini, kamu bisa belajar mata pelajaran mulai dari Matematika hingga Arts & Humanities.

Salah satu keunggulan Khan Academy adalah tersedianya SAT (Scholastic Assesment Test), salah satu syarat yang dipenuhi jika kamu masuk keuniversitas-universitas Amerika. Kamu bisa mengunjungi Khan Academy pada laman Khanacademy.org.

edX

edX merupakan situs pendidikan daring yang digrap pada tahun 2012 lalu oleh dua kampus elit Internasional, yaitu Harvard University dan MIT (Massachusetts Institute of Technology).

Di edX kamu bisa menemukan konten materi yang belum tentu ada di tempat-tempat edukasi umum sekolah. Misalnya seperti kelas Basic Spanish atau pembelajaran bahasa Spanyol yang bisa kamu akses gratis dengan durasi belajar hingga 7 minggu.


Dengan membayar sejumlah nominal yang telah ditentukan, kamu bisa mendapatkan sertifikasi pembelajaran materi yang telah kamu selesaikan. Tertarik ? Kunjungi situs edX di edx.org.

Coursera

Dan situs belajar online terakhir yang direkomendasikan kali ini adalah Coursera. Di Coursera, kamu bisa belajar modul-modul yang dirilis oleh universitas top dunia. University of Michigan, Illinois dan John Hopkins University merupakan 3 kampus besar Amerika yang menyediakan materi belajarnya di Coursera.

Cakupan bidang belajar yang ditawarkan juga cukup luas, meliputi Paleobiology, Algorithm hingga perpajakan di Amerika. Untuk mengaksesnya silahkan kunjungi laman coursera.org.














Sumber : https://bergawai.com/situs-belajar-online/

Komentar