PETUNJUK PENDAFTARAN SISTEM SELEKSI CPNS NASIONAL TAHUN 2018
1. ALUR PENDAFTARAN CPNS 2018
Sumber Gambar : https://sscn.bkn.go.id/alur
Mau Baca Of Line?
2. HAL – HAL YANG HARUS DISIAPKAN
Sebelum mendaftar ke instansi yang dituju, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yangdiperlukan untuk pendaftaran. Dokumen tersebut terdiri dari :
1. Kartu Keluarga
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Ijazah
4. Transkip Nilai
5. Pas Foto
6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar
3. TATA CARA PENDAFTARAN CPNS 2018
1. Pelamar harus masuk ke portal SSCN 2018 sepertitampilan di atas
2. Pelamar diwajibkan untuk memahami tata cara dan syarat pendaftaran dengan teliti
3. Klik PENCARIAN LOWONGAN untuk mencariinformasi terkait Pendidkan,
Jabatan dan Instansi yang dibuka. Kemudian pilih Jenis Formasinya
Jabatan dan Instansi yang dibuka. Kemudian pilih Jenis Formasinya
untuk melihatlebih detail Pengumuman dan Persyaratan instansi yang dipilih
membaca dengan teliti dan mempelajarinya supaya tidak ada informasi yang tertinggal sebelum melanjutkan ke proses Pendaftaran
Umum/Formasi Khusus Lulusan Terbaik(cumlaude)/Formasi Khusus Putra-Putri Papua
dan Papua Barat/Formasi Khusus Disabilitas/Formasi Diaspora/Formasi AtletTerbaik) di 1
(satu) instansi.
halamanPendaftaran Akun SSCN 2018 seperti gambar di bawah ini
8. Klik HELP DESK untuk bantuan dan pengaduan
9. Klik FAQ untuk mecaripermasalahan terkait SSCN
10 Klik LAYANAN CALL CENTRE untuk menghubungi instansi terkait pendaftaran
Daftar ke Portal SSCN
Apabila pelamar sudah siap untuk mendaftar, langkah-langkahnya adalah :
1. Klik PENDAFTARAN dan akan tampilseperti berikut :
2. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala
Keluarga(NIK KK)
Keluarga(NIK KK)
3 Apabila pelamartidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga,
silahkan hubungiDinas Kependudukan dan Catatan Sipilsesuai dengan KTP pelamar bukan
ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku PanitiaSeleksi Nasional (Panselnas)
silahkan hubungiDinas Kependudukan dan Catatan Sipilsesuai dengan KTP pelamar bukan
ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku PanitiaSeleksi Nasional (Panselnas)
4. Masukan kode captcha yang terlampir. Kode captcha tidak bersifat case sensitive
5. Setelah data di atas dimasukan, klik LANJUTKAN untuk proses selanjutnya,
6. Pada proses ini,pelamar mengisi dan membandingkan data di KTP dengan data Ijazah. Proses
pemberkasan CPNSmenggunakan data Ijazahsebagai data pokok kepegawaian yangterdiri dari
Nama sesuaiijazah tanpa gelar, Tempat dan Tanggal Lahir. Pastikan bahwa Anda mengisi data
tersebut dengan benar
7. Upload pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb maksimal 200 kb
8. Data lain yang perlu diisi terdiri dari data :
a) E-mail
Masukan e-mail aktif dan valid
b) Password
Masukan password yang mudah diingat.
Harap catat dan simpan passwordAnda karena akan digunakan untuk login
c) Pertanyaan Pengaman 1
Pilih pertanyaan pengaman Anda
d) Jawaban Pengaman
Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih
e) Pertanyaan Pengaman 2
Pilih pertanyaan pengaman Anda
f) Jawaban Pengaman
Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih
g) Captcha
Masukan kode captcha yang tampil di layar
9. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan lengkap. Data yang telahdisimpan
tidak dapatdiperbaiki atau dirubah.
10 Selanjutnya klik DAFTAR
11. Halaman pemberitahuan bahwa pendaftaran ke portal SSCN 2018 berhasil, klik
CETAK INFORMASI PENDAFTARAN untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai
bukti bahwa pelamar berhasil mendaftar ke portal SSCN 2018.
Simpan kartu tersebut dengan baik.
12. Klik LANJUTKAN LOGIN PENDAFTARAN untuk ke form berikutnya
Login ke Portal SSCN dan Isi Biodata
1. Setelah pelamar berhasil daftar, silahkan login ke https://sscn.bkn.go.id dengan klik tombol
LOGIN yang tertera di sudut kanan atas
LOGIN yang tertera di sudut kanan atas
Peserta seperti gambardi bawah ini :
3. Upload foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap
selanjutnya, kemudian klik SIMPAN
selanjutnya, kemudian klik SIMPAN
4. Pada form ini lengkapi AlamatDomisili, Propinsi, Kabupaten/Kota, Nomor Telepon, Tinggi Badan,
Status Perkawinan, NomorHP dan Agama
Status Perkawinan, NomorHP dan Agama
5. Klik SIMPAN apabila data telah dilengkapi. Kemudian akan tampil tombol SELANJUTNYA
6. Klik SELANJUTNYA untuk melanjutkan ke halaman berikutnya
Pilih Instansi, Formasi dan Jabatan
1. Pilih instansi yang dituju
2. Pilih Jenis Formasisesuai dengan formasiyang dibuka oleh instansi. Pilihan Jenis Formasi
dapat dilihatdi Pengumuman Instansi
dapat dilihatdi Pengumuman Instansi
3. Klik PILIH dan akan tampil form Pendaftaran.
4. Instansi yang tampil adalah instansi yang sudah buka pendaftarannya sesuai dengan
Pengumuman dari instansi tersebut.
Pengumuman dari instansi tersebut.
5. Setelahyakin memilih instansiakan keluar notifikasi seperti gambar di atas, klik OK untuk
melanjutkan
6. Form Pendaftaran akan tampil sepertigambar di bawahinimelanjutkan
7. Pilih pendidikan sesuai denganijazah
8. Pilih jabatan yang akan dilamar. Jabatan akan tampil sesuai dengan pendidikan yang
dipilih
dipilih
9. Pilih Lokasi Kerjaapabila instansi memberikan kewenangan pelamar untuk memilih Lokasi
Kerja
Kerja
10. Pilih Lokasi Testapabila instansi memberikan kewenangan pelamar untuk memilih Lokasi
Test
Test
11. Ketik nama Universitas atau sekolah sesuaidengan ijazah
12. Isi Tanggal Ijazah dan Tahun Lulussesuai dengan yangtertera di Ijazah
13. Pilih Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi untuk perguruan tinggi. Sedangkan untuk pelamar SLTA sederajat, akreditasi dapat dipilih Lainnya
14. Isi nilai IPK menggunakan tandatitik (.) dan dua digitdibelakang koma atau nilaiijazah untuk
lulusanSMA sederajat
di database dan tidak dapat dilakukan perubahan lagi
lulusanSMA sederajat
15. Isi Nomor Ijazah
16. Isi kode captcha sesuai dengan gambar yang tampil
17. Pastikan bahwa Anda sudah yakin akan melamar di Instansi tersebut karena pelamarhanya
dapat mendaftar di 1 jabatanpada 1 instansi dan 1 periode. Pendaftar dapat mendaftar di instansi
lain dengan periode (batch) yang berbeda
dapat mendaftar di 1 jabatanpada 1 instansi dan 1 periode. Pendaftar dapat mendaftar di instansi
lain dengan periode (batch) yang berbeda
18. Klik KOTAK dan klik DAFTAR
19. Klik SELANJUTNYA untuk melanjutkan ke halaman berikutnya
20. Selanjutnya akan tampilform Resume. Padaform ini, pelamardiharuskan mengecek kembali data
yang telahdilengkapi. Apabila pelamaringin mengubah data, klik tombol
yang telahdilengkapi. Apabila pelamaringin mengubah data, klik tombol
21. Bila pelamarsudah yakin data yang akan dikirim, klikFinal Resume, makan data akan tersimpan
di database dan tidak dapat dilakukan perubahan lagi
Riwayat Pelamaran SSCN
Riwayat berdasarkan :
a) Instansi : Instansi yang dilamar
b) Jenis Formasi : Jenisformasi sesuai denganyang dipilih
c) Tanggal Daftar : tanggaldaftar ketika pelamarmendaftar
d) Periode : periode yang dilamar
e) SSCN : keterangan apakahinstansi menggunakan
SSCN atau Non SSC
f) Status Administrasi : statusproses administrasi pelamar
g) Kartu Peserta : tomboluntuk cetak KartuPeserta apabila
lulus verifikasi dan berhak mengikuti ujian CAT
h) Unggah Dokumen : tomboluntuk mengunggah (upload)dokumen
sebagai persyaratan pendaftaran sesuai dengan Pengumuman
Instansi.
2. Untuk melakukan upload dokumen, klik UNGGAH , kemudianakan tampil halaman unggahdokumen
seperti gambarberikut
J. Setelah dokumen diupload, akan tampil tombol untuk mencetak Pendaftaran. Simpan kartuini
sebagai buktipendaftaran
Kartu Ujian SSCN
Untuk mencetak KartuUjian, klik menu RIWAYAT , pada kolom KartuPeserta klik tombol yangtersedia. Kartu Ujianakan tampil bagipelamar yang lulusverifikasi sebagai bukti untukmelanjutkan ke tahapanseleksi berikutnya.
SELAMAT MENCOBA ........................
c) Tanggal Daftar : tanggaldaftar ketika pelamarmendaftar
d) Periode : periode yang dilamar
e) SSCN : keterangan apakahinstansi menggunakan
SSCN atau Non SSC
f) Status Administrasi : statusproses administrasi pelamar
g) Kartu Peserta : tomboluntuk cetak KartuPeserta apabila
lulus verifikasi dan berhak mengikuti ujian CAT
h) Unggah Dokumen : tomboluntuk mengunggah (upload)dokumen
sebagai persyaratan pendaftaran sesuai dengan Pengumuman
Instansi.
2. Untuk melakukan upload dokumen, klik UNGGAH
seperti gambarberikut
a) Jenis dokumen akan tampilsesuai dengan keperluan instansi
b) Dokumenhanya dapat diunggah1 (satu) kali. Mohon perhatikan
dan siapkan dokumen yang akan diunggah dengan teliti, karena system
tidakmenerima unggah ulangdokumen
c) Pilih dokumen yang akan di unggah (upload) pada computer Anda
klik UNGGAH lalu klik CHOOSE FILE
d) Dokumen yang diunggah harusberupa image (.jpg/.jpeg.png) atau berupa .pdf
sesuai dengan ketentuan pada setiap jenis dokumen dengan maksimal 200
kilobyte. Harap perhatikan jenis file yang akan diupload pada keterangan
e) Nama dokumen akan tampilsetelah dipilih
f) Klik UPLOAD untuk menyimpan dan system akan memvalidasi dokumen tersebut
g) Setelah berhasil divalidasi dokumenakan tersimpan di system
h) Untuk membatalkan, klik KEMBALI
i) Seperti penjelasan pada poin-poin sebelumnya, bagi instansi yang mewajibkan untuk
melampirkan dokumen, maka tombol Cetak Kartu Pendaftaran akan tampil setelah
pelamar melengkapi semua dokumen yang diunggah.
sebagai buktipendaftaran
Kartu Ujian SSCN
Untuk mencetak KartuUjian, klik menu RIWAYAT
SELAMAT MENCOBA ........................
Komentar
Posting Komentar
Terima Kasih Telah Memberi Masukan demi kemajuan blog ...